Advertisement

Suksesi Panglima TNI: Yudo Margono Kuda Hitam

Aprianus Doni Tolok
Kamis, 26 November 2020 - 23:17 WIB
Budi Cahyana
Suksesi Panglima TNI: Yudo Margono Kuda Hitam Yudo Margono saat menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I dengan pangkat Laksamana Madya TNI. - Antara/Syaiful Hakim

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga akan segera memasuki masa purnabakti sebagai perwira aktif.

Berbagai spekulasi pun bermunculan ihwal siapa yang berpeluang mengambil alih tongkat komando TNI.

Advertisement

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menyampaikan, jika penggantian dilakukan dalam waktu dekat, KSAD Andika Perkasa berpeluang paling besar untuk menjadi suksesor Hadi.

“Namun jika pergantian dilakukan setelah pertengahan tahun depan, walaupun peluang Andika tidak tertutup, peluang KSAL Yudo Margono juga akan menguat,” ujarnya kepada JIBI, Rabu (25/11/2020) malam.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa/Youtube

Dia beralasan, jika pergantian Panglima TNI dilakukan setelah pertengahan 2021, KSAD Andika akan berusia 58 tahun atau juga memasuki usia pensiun.

“Artinya kira-kira hanya akan menjabat kurang lebih setahunan, jika beliau baru diangkat menjadi Panglima TNI pada November 2021 atau di usia 57 tahun. Masa jabatan yang terlalu singkat atau terlalu panjang di puncak, akan berdampak kurang bagus untuk organisasi,” jelasnya.

Namun, jika penggantian Panglima TNI terjadi sebelum masa pensiun atau berkaitan dengan reshuffle kabinet, Khairul menilai hal itu tidaklah lazim dan berpotensi menimbulkan polemik.

Pasalnya, jika hal itu dilakukan tanpa alasan kuat akan memunculkan kesan "pencopotan di tengah jalan" yang bisa diartikan pejabatnya dianggap bermasalah. Bahkan, kata Khairul, akan muncul asumsi hal itu dilakukan dalam rangka memuluskan kepentingan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement