Advertisement

Vaksin Harus Diimbangi dengan Prokes 3M

Arief Junianto
Sabtu, 12 Desember 2020 - 14:07 WIB
Arief Junianto
Vaksin Harus Diimbangi dengan Prokes 3M Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kedatangan vaksin Covid-19 pada Minggu (6/12) lalu menjadi kabar baik bagi upaya pencegahan penularan virus Corona. Setelah datangnya vaksin, pemerintah masih menunggu hasil evaluasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat.

Dalam dialog bertema Vaksin Datang, Tetap Disiplin 3M yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (10/12), Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Dr. Ede Surya Darmawan mengatakan setelah nantinya pelaksanaan vaksinasi berjalan, masyarakat wajib tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak

Advertisement

“Benar bahwa vaksin adalah upaya protektif terhadap penyakit spesifik. Vaksin Covid-19 ini juga diharapkan memiliki peran seperti itu nantinya. Tetapi yang terpenting adalah tetap menerapkan prokes 3M,” ujarnya melalui rilis, Kamis.

Dr. Ede menjelaskan perhitungan untung rugi dari program vaksinasi nantinya. Menurut dia, keuntungan vaksin lebih banyak ketimbang seseorang harus sakit. “Bukan hanya menelan biaya rata-rata Rp184 juta per orang [saat terpapar Covid-19], tetapi juga rugi karena tidak bisa bekerja,” ucap dia.

Soal efek ikutan setelah divaksinasi, menurut Dokter Ede, hal tersebut hanya sekadar ketidaknyamanan yang bersifat sementara. “Sakitnya hanya karena ditusuk jarum suntik, kemudian ada bengkak, badan panas. Tetapi itu tidak akan berlangsung lama. Kalau vaksinnya efektif maka akan segera terbentuk antibodi sehingga kita akan kebal terhadap suatu penyakit yang spesifik,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Produk Turunan Sawit UMKM Jogja Dipamerkan di Acara Indonesia Plantation Watch 2024

Jogja
| Sabtu, 18 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement