Advertisement

Kasus Kematian Covid-19 India Melonjak, Vaksinasi dan Pengetesan Malah Melambat

Reni Lestari
Selasa, 11 Mei 2021 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kasus Kematian Covid-19 India Melonjak, Vaksinasi dan Pengetesan Malah Melambat India diguncang gelombang kedua pandemi Covid-19. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Vaksinasi dan pengetesan Covid-19 di India melambat pada tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa bulan terakhir, padahal kondisi terkini di negara itu infeksi dan kematian meningkat.

Hal ini menjadi tantangan untuk memerangi virus Corona di negara dengan populasi terbesar kedua di dunia itu.

Advertisement

Bhramar Mukherjee, seorang profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat di Universitas Michigan, mengatakan kasus telah meningkat 3,6 kali dalam satu bulan terakhir dan kematian 6,3 kali, sementara pengujian hanya meningkat 1,5 kali dan dosis vaksin harian turun 38 persen.

Angka tersebut menunjukkan pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi sedang berjuang untuk menahan virus di India, yang merupakan pusat pandemi dunia. Para ahli setuju bahwa jumlah orang sakit dan sekarat di negara itu telah berkurang.

Sebuah tim di Institut Sains India di Bangalore menggunakan model matematika untuk memprediksi sekitar 404.000 kematian akan terjadi pada 11 Juni jika tren saat ini berlanjut.

"Data menunjukkan bahwa kami kehilangan momentum dalam memerangi virus," kata Rijo M. John, ekonom dan analis kebijakan kesehatan masyarakat yang berbasis di Kerala yang menjadi konsultan untuk Organisasi Kesehatan Dunia, dilansir Bloomberg, Senin (10/5/2021).

"Virus semakin mendahului kami dan Anda tidak dapat menemukan kasus dengan jumlah tes yang memadai. Ini bukan situasi yang baik untuk negara ini," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bloomberg, Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement