Advertisement

Ganip Warsito Resmi Gantikan Doni Monardo Jadi Kepala BNPB

Aprianus Doni Tolok
Selasa, 25 Mei 2021 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ganip Warsito Resmi Gantikan Doni Monardo Jadi Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito menggantikan Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo, sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Antara - HO/Puspen TNI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari ini, Selasa (25/5/2021), di Istana Negara.

“Mengangkat Letnan Jenderal BNI Ganip Warsito SE, MM sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri,” kata Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwati di sela-sela seremoni pelantikan.

Advertisement

Agenda itu disaksikan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para menteri kabinet Indonesia Maju serta para tamu undangan. 

Adapun, pergantian Kepala BNPB dari Dona Monardo ke Ganip Warsito itu tertuang dalam Keppres No.79B/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

"Sebelum saya mengambil sumpah jabatan berkenaan dengan pengesahan pengangkatan saudara sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara. Bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama islam?" tanya Jokowi dalam seremoni.

"Bersedia," jawab Ganip dengan lantang.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian ucapan sumpah Ganip dalam pelantikan.

Letjen TNI Ganip Warsito yang merupakan perwira Tinggi TNI-AD aktif ini baru menjabat Kasum TNI sejak 26 Januari 2021. Sebelumnya, jenderal bintang tiga ini menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan.

Ganip Warsito dilahirkan di Magelang pada 23 November 1963. Beliau merupakan lulusan Akmil 1986 dan berpengalaman dalam bidang infanteri.

Sebelum mengisi posisi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, Ganip pernah menjadi Pangdam XIII/Merdeka. Dia menjabat posisi itu selama 2 tahun.

Adapun, Kepala BNPB sebelumnya dijabat oleh Doni Monardo memasuki usia pensiun pada 1 Juni 2021. Letnan Jenderal Purnawirawan TNI itu juga hampir setahun terakhir menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Berdasarkan catatan BisnisPresiden Joko Widodo melantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019. Doni mengisi posisi yang sebelumnya dijabat oleh Laksda TNI (Purn.) Willem Rampangilei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bangun TPR Sementara, Pemkab Bantul Anggarkan Rp800 Juta

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement