Advertisement

Begini Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak di Usia Muda

Sartika Nuralifah
Kamis, 29 Juli 2021 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Begini Cara Mencegah Serangan Jantung Mendadak di Usia Muda Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Serangan jantung mendadak yang dialami orang-orang dengan usia muda terus meningkat karena berbagai faktor termasuk gaya hidup, diabetes, alkohol, rokok dan hipertensi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Heart Journal, telah diamati bahwa ada peningkatan 13% dalam kejadian serangan jantung mendadak di antara orang-orang dengan usia pertengahan 30-an hingga pertengahan 40-an. Serangan jantung mendadak adalah salah satu penyebab utama kematian yang dapat menyerang siapa saja pada usia berapa pun.

Advertisement

Serangan jantung mendadak adalah hilangnya fungsi jantung, pernapasan, dan kesadaran secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada jantung sehingga tindakan pemompaan terganggu dan menghambat aliran darah ke tubuh. Hal ini dipicu oleh detak jantung yang tidak normal.

Faktor risiko dari serangan jantung yang tiba-tiba adalah riwayat keluarga dengan serangan jantung mendadak, merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi, obesitas, diabetes, gaya hidup tidak sehat, kecemasan, sakit dada, pingsan, sesak napas, berkeringat, pusing.

Langkah pertama untuk mengelola serangan jantung mendadak adalah Resusitasi Jantung Paru (RJP). Ini adalah kombinasi teknik termasuk kompresi dada, yang dirancang untuk memompa jantung guna memastikan sirkulasi darah dan mengantarkan oksigen ke otak hingga pengobatan definitif dapat merangsang jantung untuk mulai bekerja kembali.

Ini adalah bantuan yang menyelamatkan jiwa dan meningkatkan peluang seseorang untuk bertahan hidup jika dimulai lebih awal setelah jantung berhenti berdetak.

Menjaga Kesehatan Jantung

Pandemi yang sedang berlangsung telah menyebabkan perubahan gaya hidup bagi kaum muda. Oleh karena itu, penting untuk mulai merawat jantung sejak dini untuk mencegah kematian di kemudian hari.

Meskipun sulit untuk sepenuhnya menghilangkan risiko serangan jantung pada orang muda, perubahan gaya hidup dan kebiasaan makan tertentu pasti dapat mengurangi kemungkinan menyebabkan kondisi fatal ini.

1. Konsumsi Makanan yang Sehat untuk Jantung

Demi jantung Anda, memilih makanan sehat adalah suatu keharusan. Seseorang harus menghindari makanan berminyak, manis. Kita dapat memasukkan biji-bijian sehat, sayuran hijau, dan makanan kaya omega-3 dalam porsi makan Anda.

2. Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik harus sangat didorong baik di lingkungan rumah atau di luar ruangan. Hal ini akan meningkatkan kesehatan. Seseorang harus melakukan aktivitas fisik selama 30-45 menit setiap hari untuk kesehatan yang lebih baik.

3. Mengelola Stres dan Kesehatan Mental

Untuk mengelola stres, seseorang harus melakukan latihan Yoga setiap hari, sebagai bagian dari rutinitas Anda. Lakukan meditasi setidaknya selama 30 menit setiap hari.

4. Berhenti Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Alkohol

Berhenti Merokok dan mengkonsumsi minuman mengandung alkohol tidak selalu mudah. Seseorang harus menghindari menggunakannya karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Karena peningkatan pesat dalam tingkat penyakit jantung adalah orang-orang di berbagai kelompok usia, maka kita harus cermat dalam menjaga kesehatan jantung. Meski pencegahan itu penting, pasien yang sudah menderita penyakit jantung perlu ekstra hati-hati, terutama di tengah pandemi saat ini.

Pasien harus memahami tanda-tanda dari serangan jantung mendadak yang tidak berbeda jauh dengan gejala COVID-19 seperti sesak napas, kelelahan, sakit kepala, nyeri dada dan harus penderita sebisa mungkin harus mencari bantuan medis dari dokter.

Pengobatan Serangan Jantung Mendadak

1. Defibrilasi

Ini berupa pengiriman getaran seperti listrik melalui dinding dada ke jantung. Prosedurnya yang disebut defibrilasi, menghentikan jantung dan ritme yang kacau untuk sesaat.

Hal ini memungkinkan detak jantung normal kembali. Pasien yang menderita gagal jantung harus tetap berhubungan dengan dokter mereka untuk pemantauan konstan dan juga dapat diresepkan ICD (Implantable Cardioverter Defibrillator) untuk mengelola kondisi jantung.

2. Ruang Gawat Darurat

Setelah pasien berada di ruang gawat darurat, staf medis bekerja untuk menstabilkan kondisi dan mengobati kemungkinan serangan jantung, gagal jantung, atau ketidakseimbangan elektrolit. Obat-obatan akan diberikan untuk menstabilkan detak jantung.

3. Perawatan jangka panjang

Setelah pemulihan, dokter akan mendiskusikan tes lain yang mungkin membantu menentukan penyebab serangan jantung dan pilihan perawatan pencegahan yang tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement