Advertisement

Hasil Studi: Jadi Follower Artis Bikin Rusak Jiwa Remaja

Newswire
Sabtu, 02 Oktober 2021 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Hasil Studi: Jadi Follower Artis Bikin Rusak Jiwa Remaja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.co, JAKARTA--Menjadi follower akun Instagram artis ternyata berdampak buruk bagi remaja.

Facebook melakukan sebuah survei terkait para follower artis. Hasilnya cukup mengejutkan.

Advertisement

Studi ini dibuka Facebook setelah pekan lalu, Wall Street Journal membocorkan sebuah slide berisi hasil studi internal di perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut yang isinya mengatakan bahwa Instagram merusak jiwa para remaja.

Penelitian yang bertajuk "Social comparison on Instagram" itu melibatkan 100.000 responden pada periode Maret - April 2020. Responden berasal dari sembilan negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Brasil.

Juru bicara Facebook, Kevin McAlister mengatakan bahwa responden tidak diminta untuk menyebutkan nama akun tertentu, tetapi para peneliti menemukan bahwa akun-akun artis adalah yang paling sering dilihat oleh para responden yang mengaku memiliki tingkat perbandingan sosial yang lebih tinggi atau lebih rendah di Instagram.

McAlister mengatakan bahwa temuan ini masuk akal belaka karena artis rata-rata memiliki lebih dari 30 juta follower di Instagram.

Misalnya untuk para follower artis seperti Kim Kardashian, Justin Bieber dan Charli D'Amelio di Instagram lebih cenderung melihat diri mereka sendiri secara negatif.

Ia menjabarkan bahwa follower Ariana Grande dan Kendall Jenner termasuk dalam kelompok pengguna Instagram yang melihat diri lebih negatif.

Sebaliknya pengikut akun The Ellen Show yang dipandu oleh komedian Ellen DeGeneres, Will Smith dan pesepak bola Brasil Neymar mengaku kurang merasakan perbandingan sosial yang negatif.

Lebih lanjut para peneliti Facebook menemukan bahwa melihat banyak konten artis di Instagram berkaitan dengan meningkatnya perasaan negatif terhadap diri sendiri.

Sialnya, Instagram adalah salah satu media sosial dengan pengguna artis paling banyak. Data Facebook sendiri menunjukkan bahwa, hampir separuh dari konten yang dilihat pengguna di Instagram berasal dari akun para artis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, Pemda DIY Klaim Harga Beras Mulai Turun di Pasaran

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement