Advertisement

Jokowi Singgung Rivalitas dengan China di KTT Asean

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:37 WIB
Sunartono
Jokowi Singgung Rivalitas dengan China di KTT Asean Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidatonya dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, pada KTT ASEAN ke-38, secara virtual, Selasa (26/10/2021) - BPMI Setpres - Lukas

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Asean dan China terus menjalankan kemitraan yang saling menghormati dan saling menguntungkan.

“Masa 30 tahun adalah waktu yang cukup untuk membangun kepercayaan antara kita,” kata Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 Asean-China secara virtual, dikutip dari laman Setkab, Selasa (26/10/2021).

Advertisement

Jokowi mengatakan bahwa Asean dan China memiliki kepentingan yang sama untuk membangun kawasan yang damai dan stabil dengan terus menghormati hukum internasional, termasuk di Laut China Selatan.

Selain itu, Asean dan China juga memiliki kepentingan yang sama untuk terus membangun kemitraan guna meningkatkan kesejahteraan.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Asean tidak ingin terjebak di antara rivalitas yang dapat merugikan.

“Asean justru ingin mengembangkan kerja sama secara terbuka, secara inklusif, dengan semua mitra di empat prioritas yaitu maritim, konektivitas, pencapaian SDGs, dan penguatan perdagangan investasi,” katanya.

Jokowi meyakini bahwa kemitraan yang sudah terbangun 30 tahun seharusnya menjadi modal yang kuat untuk mewujudkan kemitraan strategis yang komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement