Advertisement

Menteri BUMN Erick Thohir Urus Toilet SPBU Pertamina, Ini Alasannya

Muhammad Ridwan
Rabu, 24 November 2021 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
Menteri BUMN Erick Thohir Urus Toilet SPBU Pertamina, Ini Alasannya Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan penjaga toilet SPBU Pertamina. - Tangkapan layar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir belum lama ini meminta PT Pertamina (Persero) untuk menggratiskan toilet di seluruh SPBU, termasuk yang berkerja sama dengan swasta. 

Erick Thohir menjelaskan permintaan itu didasari oleh keprihatinannya dari toilet-toilet yang ada di SPBU dikenakan pungutan. Padahal, toilet merupakan fasilitas umum yang sudah seharusnya dapat digunakan masyarakat secara gratis.

Advertisement

"Saya cuman melihat ya prihatin karena kan kalau berbayar itu apa gini fasilitas umum yang sudah layaknya gratis ini membebani untuk tukang ojek tukang taksi pedagang kecil yang memang pendapatannya juga kan terbatas dan harus mengeluarkan hal-hal yang seyogyanya memang harus didukung untuk fasilitas umum ini jadi seperti itu tidak ada bermaksud apa-apa," ujar Erick seperti dikutip dalam unggahan di akun Twitter pribadinya, Rabu (24/11/2021).

Menurut Erick Thohir, masukan dari masyarakat akan sangat berdampak baik terhadap transformasi di badan usaha milik negara (BUMN). Pasalnya, selain sebagai korporasi, BUMN bergerak sebgai pelayaanan publik yang tentunya harus melayani masyarakat dengan baik.

Melalui masukan itu, lanjut Erick Thohir, diharapakan dapat menjadi sebuah introspeksi kepada BUMN untuk bisa melayani masyarakat lebih baik tanpa adanya pungutan-pungutan yang membebani masyarakat.

"Tentu kekhawatiran dari kebersihan atau lain-lainnya yaitu hal-hal yang memang kalau di fasilitas umum harus menjadi tanggung jawab ya kalau kita ingin melayani semua nggak boleh setengah-setengah, dan saya yakin kemarin dari Pertamina sendiri sudah langsung merespon. Saya mengucapkan terima kasih kepada direksi di mana mereka sekarang menggratiskan di tempat toilet ininya dan ini bagian dari pada Pertamina melayani publik dengan baik," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegur Pertamina soal pungutan uang di toilet SPBU. Menurutnya, seluruh SPBU Pertamina, termasuk yang kerja sama dengan swasta seharusnya tidak memungut biaya apapun untuk fasilitas umum tersebut, alias gratis.  

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis," kata Erick, dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya (22/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement