Advertisement

Pertama Dalam Sejarah, NASA Buat Peta Bawah Tanah Planet Mars

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 25 November 2021 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
Pertama Dalam Sejarah, NASA Buat Peta Bawah Tanah Planet Mars Planet Mars - telegraph.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Para peneliti NASA membuat peta bawah tanah Mars untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Peta itu dibuat dengan mendengarkan suara angin yang bergema melalui lapisan tanah dan batu di dekat ekuator Mars.

Advertisement

Tim menggunakan instrumen di atas pesawat InSight NASA, yang mendarat di dataran Elysium Planitia pada 2018 untuk mempelajari "gempa mars" lemah yang beriak di planet ini. Data InSight sebelumnya memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan gambaran kasar tentang ukuran dan komposisi inti Mars, serta sifat mantel dan ketebalan keraknya.

Sebuah teknik baru dikembangkan dan disempurnakan di Bumi sekarang untuk pertama kalinya memungkinkan tim yang dipimpin oleh ahli geofisika Swiss untuk menggunakan instrumen pendarat untuk mengintip langsung di bawah permukaan planet yang kering dan menemukan apa yang ada di dalam 660 kaki (200 meter) pertama dari keraknya.

"Kami menggunakan teknik yang dikembangkan di Bumi ini untuk mengkarakterisasi tempat-tempat yang berisiko gempa dan untuk mempelajari struktur bawah permukaan," Cedric Schmelzbach, ahli geofisika di Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich (ETH), dan penulis terkait makalah baru ini dilansir dari Space.com.

"Teknik ini didasarkan pada getaran sekitar. Di Bumi, Anda memiliki lautan, angin, yang membuat tanah bergetar sepanjang waktu, dan guncangan yang Anda ukur pada titik tertentu memiliki jejak di bawah permukaan."  kata Schmelzbach. 

Pada dasarnya, keributan di permukaan membuat tanah bergetar. Getaran sangat kecil ini merambat jauh ke bawah permukaan dan dapat ditangkap oleh instrumen sensitif.

Mars, kata Schmelzbach, jauh lebih tenang daripada Bumi. Tidak ada lautan di planet ini dan atmosfer Mars jauh lebih tipis, menghasilkan angin yang lebih lemah dan lebih lemah. Selain itu, sementara di Bumi ahli geologi dapat menggunakan stasiun yang tak terhitung jumlahnya, di Mars, mereka hanya memiliki satu pendarat InSight.

Namun, mendengarkan interaksi angin Planet Merah dengan tanah di bawah kawah dan datarannya mengungkapkan struktur bawah permukaan dengan detail yang menakjubkan.

Peta tersebut memberikan pandangan menarik tentang beberapa miliar tahun terakhir evolusi Mars. Ini mengungkapkan lapisan sedimen dalam yang tak terduga serta endapan lava padat yang tebal, semuanya ditutupi dengan selimut regolit berpasir setebal 10 kaki (3 m).

Lapisan sedimen yang mengejutkan, yang asal usulnya masih menjadi misteri, terletak 100 hingga 230 kaki (30 hingga 70 m) di bawah permukaan Mars, terjepit di antara dua lapisan lava purba yang mengeras.

"Kami masih bekerja bagaimana menafsirkan itu dan bagaimana menentukan usia lapisan ini," katanya. "Tapi itu memberi tahu kita bahwa mungkin sejarah geologis di situs itu benar-benar lebih rumit daripada yang kita duga sebelumnya dan mungkin lebih banyak proses telah terjadi di masa lalu di tempat itu."

Para peneliti membandingkan dua lapisan lava yang merangkul sedimen ini dengan studi geologi sebelumnya dari kawah terdekat. Data ini memungkinkan mereka untuk menempatkan asal-usul lapisan tersebut ke dalam dua periode penting dalam sejarah geologi Mars sekitar 1,7 miliar dan 3,6 miliar tahun yang lalu.

Studi sebelumnya tentang inti, mantel, dan kerak planet berdasarkan data InSight telah mengungkapkan perbedaan mengejutkan antara Mars dan Bumi. Kedua planet sering dianggap kembar tata surya yang sampai titik tertentu berbagi jalur evolusi mereka.

Kedua planet mengembangkan lautan air yang melimpah dan atmosfer yang kaya. Tapi kemudian, Mars kehilangan medan magnet pelindungnya, yang kemudian memungkinkan angin matahari yang abrasif, aliran partikel bermuatan yang berasal dari matahari, untuk secara bertahap melucuti planet atmosfernya, dan Mars berkembang menjadi dunia yang tidak bersahabat seperti sekarang ini. Para ilmuwan berharap bahwa geologi kedua planet dapat memberikan beberapa petunjuk untuk jalur mereka yang berbeda.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Nature Communications pada Selasa (23 November).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement