Advertisement

Ahok: Alasan Kesehatan, Premium Segera Dihapus

Muhammad Ridwan
Sabtu, 01 Januari 2022 - 13:37 WIB
Budi Cahyana
Ahok: Alasan Kesehatan, Premium Segera Dihapus Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama mendukung rencana penghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium yang memiliki RON 88 dari peredarannya. Rencana itu segera direalisasikan.

Basuki yang akrab disapa Ahok itu mengatakan bahwa peredaran Premium memang sudah seharusnya dihentikan, karena terkait dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, aspek kesehatan masyarakat yang ditimbulkan dari penggunaan BBM itu juga menjadi alasannya.

Advertisement

“Sesuai Peraturan Menteri LHK [Lingkungan Hidup dan Kehutanan] memang harus hilang, karena oktannya 88, bahaya [buat] kesehatan,” katanya kepada JIBI, Kamis (30/12/2021).

Ahok menuturkan bahwa dirinya telah menerima laporan mengenai rencana penghapusan BBM jenis Premium. Hanya saja, teknis pelaksanaannya sudah ada di jajaran Direksi Pertamina.

“Premium akan dihapus,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan bakal menggantikan penggunaan Premium dengan Pertalite pada masa peralihan agar masyarakat menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih mengatakan bahwa pemerintah secara serius terus berupaya memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan BBM yang memiliki RON 90 atau Pertalite sebagai bahan bakar antara menuju BBM yang ramah lingkungan.

“Kita memasuki masa transisi, di mana Premium [RON 88] akan digantikan dengan Pertalite, sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

YIA Satu-satunya Bandara Internasional di Jateng-DIY, DPRD Kulonprogo Minta Perkembangan Investasi Meningkat

Kulonprogo
| Selasa, 30 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement