Advertisement

Impor Lebih Tinggi daripada Ekpsor, Presiden Jokowi Emosi

Newswire
Jum'at, 25 Maret 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Impor Lebih Tinggi daripada Ekpsor, Presiden Jokowi Emosi Presiden Joko Widodo. - Ist/Biro Pers

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Joko Widodo emosi karena melihat kegiatan impor lebih tinggi ketimbang ekspor. Menurutnya, kalau terus-terusan melakukan impor malah memberikan pekerjaan ke negara lain.

Jokowi tidak bisa menahan amarahnya tersebut saat memberikan pengarahan kepada menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga, kepala daerah se-Indonesia dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang aksi afirmasi bangga buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

Advertisement

Jokowi mengaku mengetahui secara detail pengadaan barang dan jasa pemerintahan yang lebih banyak dilakukan secara impor. Padahal, Jokowi melihat anggaran pengadaan barang dan jasa untuk pemerintah pusat itu mencapai Rp526 triliun. Pemerintah daerah juga malah lebih tinggi yakni Rp535 triliun.

"Enggak usah cari ke mana-mana, tidak usah cari investor, kita diem saja tapi konsisten beli barang yang diproduksi pabrik-pabrik, industri-industri, UKM-UKM kita, kok enggak kita lakukan," kata Jokowi.

"Bodoh sekali kita kalau tidak melakukan ini," sambungnya.

Baca juga: Bea Cukai Jogja Layani Ekspor 2 Kontainer Glove Produk Gunungkidul

Jokowi kemudian mempertanyakan apakah anak buahnya akan terus-terusan membeli barang-barang impor untuk pengadaan jasa dan barang.

Kalau terus-terusan membeli barang impor, Jokowi menyebut uangnya untuk membuka pekerjaan di luar negeri.

Padahal yang ia inginkan anggaran pengadaan barang dan jasa itu dimanfaatkan di dalam negeri sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Setelah Jokowi berhenti berbicara, peserta pengarahan yang terdiri dari menteri, kepala daerah, kepala lembaga dan BUMN bertepuk tangan. Namun, Jokowi meminta untuk tidak tepuk tangan.

"Jangan tepuk tangan, karena kita belum melakukan. Kalau kita melakukan dan Rp400 triliun lebih itu. betul-betul semua mengerjakan silakan semua tepuk tangan," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement