Advertisement

Family Day Jadi Ajang Silaturahmi pada Peringatan Milad Ke-41 UMY

Media Digital
Senin, 28 Maret 2022 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Family Day Jadi Ajang Silaturahmi pada Peringatan Milad Ke-41 UMY Rektor UMY Gunawan Budiyanto (tengah) ikut dalam senam massal pada puncak acara rangkaian kegiatan milad ke-41 UMY di halaman kampus UMY, Minggu (27/3/2022). - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Seribuan orang lebih mengikuti Family Day berupa sepeda santai dan senam massal yang digelar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di lapangan parkir belakang Gedung AR Fachruddin, Minggu (27/3/2022) pagi. 

Family Day ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan peringatan milad atau hari ulang tahun (HUT) ke-41 UMY yang diselenggarakan sejak Januari lalu.

Advertisement

Family Day diikuti semua civitas akademika UMY beserta keluarga. Pimpinan UMY hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya Rektor UMY, Gunawan Budiyanto; Ketua Pembina Harian UMY, Agung Danarto; Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Nano Prawoto; dan Kepala Komando Pengendalian Lapangan Covid-19 UMY Insiden Command System (ICS) Al Afik.

Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon (Forkompinkap) Kasihan juga hadir, termasuk Satgas Covid-19 Kapanewon Kasihan untuk memantau agar acara tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan. Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, mengapreasiasi panitia milad UMY ke-41 yang sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan selama 2,5 bulan hingga mencapai puncak acara, yakni Family Day meski di tengah pandemi Covid-19.

Family Day diikuti dosen, tenaga pendidik, pimpinan UMY, karyawan beserta keluarga. Semuanya berbaur menjadi satu tanpa ada sekat. “Satu hal mungkin perlu saya harapkan bahwa acara Family Day ini menjadi ajang mempererat silaturahmi, saling mengenal satu sama lain. Karena kegiatan masing-masing civitas akdemika maka dengan Family Day atau lewat puncak acara milad ke-41 UMY ini semoga semua terlaksana dengan baik,” kata Gunwan.

Ia berharap dalam acara Family Day ini semuanya bisa bergembira untuk melepaskan kepenatan agar bekerja lebih keras dan lebih serius lagi.

Puncak Family Day diisi dengan sepeda santai, senam massal, pertunjukan musik, lomba ayah memasak, hiburan, bazar mahasiswa, dan pembagian hadiah dari berbagai perlombaan yang diselenggarakan sebelumnya.

Ketua Panitia Milad UMY ke-41, Muhammad Zakiy, mengatakan rangkaian milad UMY sudah dimulai sejak 15 Januari lalu dengan launching logo milad dan senam massal yang diikuti 1.000 mahasiswa. “Kalau yang ikut dalam Family Day ini tercatat ada 1.733 orang,” kata Zakiy.

Selain itu, berbagai kegiatan lainnya dalam rangkaian peringatan milad juga sudah digelar baik yang bersifat akademik maupun non akademik, seperti pekan olahraga mahasiswa, pertandingan persahabatan olahraga antar kampus dan intansi, seminar yang bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang dan KBRI, campus tour calon mahasiswa di lingkungan kampus UMY, serta kegiatan bersepeda sejauh 115 kilometer pulang pergi menuju Waduk Sermo Kulonprogo.

“Hari ini puncak peringatan milad UMY sekaligus penutupan awarding. Kami memberikan hadiah dalam lomba dan juga pembagian doorprize. Doorprze tahun ini, rekor jumlah motor terbanyak, total ada delapan unit sepeda motor yang diundi. Kemudian ada kulkas, mesin cuci, AC, dan sepeda gunung,” kata Zakiy.

Dalam kesempatan tersebut juga sekaligus diadakan peluncuran buku ICS (Insiden Comman System). Kiprah  Tim Covid-19 UMY selama dua tahun dalam mengawal Covid-19 yang ada di UMY. Menurut Zakiy, UMY paling siap dalam menghadapi Covid-19 dengan dibentuknya ICS sejak Maret 2020 lalu. Buku tersebut merupakan sepak terjang ICS dalam menangani Covid-19 untuk kalangan kampus jdan juga warga sekitar kampus. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah di DIY Menipis, PMI: Aktivitas Donor di Luar Belum Banyak

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement