Advertisement

Ceramah Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil di UGM, Ini Respons Warganet

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 09 April 2022 - 14:47 WIB
Bhekti Suryani
Ceramah Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil di UGM, Ini Respons Warganet Tangkapan layar twitter ismailfahmi mengenai analisis drone emprit terkait ceramah 3 tokoh yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil di Masjid UGM.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Ceramah ketiga tokoh yang digadang menjadi calon presiden yakni, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan diulas secara mendalam oleh Drone Emprit.

Adapun Drone Emprit merupakan sistem yang berfungsi untuk memonitor serta menganalisa media sosial dan platform online yang berbasis teknologi big data. Drone Emprit sendiri menggunakan keahlian Artificial Intelligence dan Natural Learning Process (NLP).

Advertisement

Ismail Fahmi dari Drone Emprit melalui cuitan di Twitter, Sabtu (9/4/2022), mengatakan bahwa dengan daftar kata kunci untuk masing-masing tokoh, serta periode analisis tgl 5-8 April 2022, share of vice ketiganya sama persis, masing-masing 33 persen. Sama-sama ramainya secara total dari semua sumber data.

“Tentang tren, tanggal 5-6 April @ridwankamil paling tinggi, karena terlebih dahulu mengisi ceramah. Lalu @ganjarpranowo naik tgl 7 April setelah ceramah. Awalnya percakapan @aniesbaswedan paling rendah, tapi tgl 8 April naik pesat meninggalkan yang lain,” ujarnya melalui akun @ismailfahmi.

BACA JUGA: Viral Video Yusuf Mansur Marah hingga Gebrak Meja soal Paytren: Tahunan Berusaha Sabar

Adapun ranking tren pemberitaan online, volume pemberitaan awalnya Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, lalu Ridwan Kamil pada 5 April. Setelah Ridwan Kamil ceramah, ranking menjadi Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Lalu, setelah Ganjar Pranowo berceramah, ranking berubah menjadi Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil.

“Dan setelah ABW ceramah: ABW, GP, RK. Event ceramah jelas memberi dampak pada pemberitaan di media online,” terangnya.

Dalam analisis Drone Empriot, ada temuan tentang @ridwankamil di mana narasi paling kuat terkait RK adalah amplifikasi informasi terkait kegiatan RK lakukan ceramah di Masjid Kampus UGM. RK juga dinarasikan melakukan safari ke sejumlah tempat di Yogyakarta seperti ke Kampus UII dan rumah seniman Butet Kertarejasa.

“Aktivitas RK terkait ceramah di Masjid Kampus UGM relatif sepi dari isu sensasional maupun negatif. Terpantau tidak ada narasi dari oposan RK yang menyerangnya saat lakukan aktivitas ceramah di Masjid Kampus UGM ,” tuturnya.

Ada sentimen positif terhadap Ridwan Kamil juga seperti media online sebesar 74 persen yang meliputi ceramah di UGM terkait positive mind, Indonesia akan jadi negara Adidaya 2045, siap dipasangkan dengan siapapun di pilpres 2024, diminta mahasiswi maju pilpres, diserbu mahasiswa minta foto, dan memberi saran atasi klithih. Sementara sentimen negatif di media online sebesar 5 persen terkait ultimatum dari pihak Kejaksaan terkait pengurusan aset.

Sementara di media sosial sentimen positif RK mencapai 80 persen yang meliputi amplifikasi ceramah di Masjid UGM, diapresiasi karena isi ceramah tarawih, mengunjungi rumah Butet Kartarejasa, diapresiasi terkait tema terkait perencanaan pembangunan nasional.

Sementara sentimen negatif mencapai 11 persen seperti karena dia dinilai melakukan pencitraan dan tidak becus membangun Jawa Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement