Advertisement

Bentrok Pecah Setelah Politikus Sayap Kanan Denmark Bakar Al-Quran

Nindya Aldila
Sabtu, 16 April 2022 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Bentrok Pecah Setelah Politikus Sayap Kanan Denmark Bakar Al-Quran Salah satu masjid di sudut kota Stockholm, Swedia. - wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pembakaran Al-Quran terjadi di Swedia dan dilakukan pimpinan partai politik sayap kanan Denmark Rasmus Paludan.

Hal ini menyulut aksi unjuk rasa di Kota Orebro, bagian tengah Swedia pada Jumat (15/4/2022).

Advertisement

Dilansir dari Aljazera, bentrokan antara gerakan anti-imigrasi dan anti-Islam sayap kanan Stram Kurs (garis keras) sudah memasuki hari kedua. 

Empat petugas kepolisian dan seorang warga sipil terluka akibat aksi demonstrasi menentang pembakaran Al-Quran. Para demonstran melempari polisi dengan batu dan merobohkan pagar anti huru hara.

Selain itu, pihak kepolisian mengatakan terdapat empat mobil polisi dibakar.

Aksi yang telah mendapatkan izin dari pihak berwenang ini akhirnya dibubarkan oleh polisi agar meredam memanasnya situasi. Pada Jumat malam, para demonstran sudah meninggalkan area tersebut. 

Sebelumnya, Rasmus Paludan ditemani oleh kepolisian membakar Al-Quran di temat umum di Linkoping bagian pantai timur Swedia pada Kamis, tanpa menghiraukan para pengunjuk rasa dari kejauhan.

Dua orang ditangkap dalam demonstrasi itu. 

"Kita hidup dalam masyarakat demokratis dan salah satu tugas terpenting polisi adalah memastikan bahwa rakyat dapat menggunakan hak mereka yang dilindungi secara konstitusional untuk berdemonstrasi dan mengekspresikan pendapat mereka,” kata Kepala Polisi Nasional Swedia Anders Thornberg pada Jumat pagi.

Meskipun tidak mengungkapkan keberpihakannya, kepolisian berkewajiban untuk menjaga keamanan agar tidak terjadi kekerasan. 

Pemimpin sayap kanan Paludan sudah berulang kali membuat kontroversi. Pada November 2020, dia ditangkap di Prancis dan dideportasi. 

Hal itu diikuti dengan penangkapan lima aktivis lainnya di Belgia atas tuduhan berniat menyebarkan kebencian dengan membakar Alquran di Brussel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement