Advertisement

Kabupaten Magelang Sambut Pemudik, DPRD: Siapkan Fasilitas dan Pengamanan

Media Digital
Sabtu, 30 April 2022 - 07:57 WIB
Arief Junianto
Kabupaten Magelang Sambut Pemudik, DPRD: Siapkan Fasilitas dan Pengamanan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Magelang, Sakir (tengah) meninjau pemantauan lalu lintas di Posko Gabungan Taman Anggrek Mendut, Mungkid, Jumat (29/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG--Pada Idulfitri kali ini, Pemerintah memperbolehkan aktivitas mudik. Tak hanya soal lalu lintas, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang juga mengingatkan Pemkab Magelang untuk mengantisipasi soal peningkatan kebutuhan pokok masyarakat.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Magelang, Sakir, mendorong Pemkab untuk lebih menyiapkan infrastruktur dan pengamanan kepada pemudik. Menurutnya Pemkab sudah menyiapkan satu unit posko gabungan di Mendut Mungkid dan dua posko pengamanan serta empat posko pelayanan untuk menyambut pemudik maupun lalu lintas.

Advertisement

"Informasi dari Dishub, petugas sudah bisa memantau 33 titik vital melalui CCTV. Ini sebagai bentuk pelayanan kepada pemudik," katanya, di sela meninjau pemantauan lalu lintas di Posko Gabungan di Taman Anggrek Mendut, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jumat (29/4/2022).

BACA JUGA: Elon Musk Bahas Rencana PHK Karyawan Twitter

Anggota DPRD dari Fraksi PDIP ini menyebutkan dalam menyambut pemudik kali ini, berdasarkan hasil laporan rapat bersama DPUPR, infrastruktur di Kabupaten Magelang berupa jalan-jalan yang milik Pemkab Magelang sebanyak 75% dalam kondisi baik, dan sisanya rusak ringan, sedang dan berat.

Dia memastikan infrastruktur di Kabupaten Magelang sudah siap menyambut pemudik. Para pemudik diharapkan memanfaatkan fasilitas yang ada. Sakir berpesan agar para pemudik memperhatikan kondisi kesehatan.

"Jika lelah, istirahatlah. Bisa gunakan fasilitas di rest area atau posko gabungan. Ada fasilitas kesehatan juga di lokasi itu," katanya.

BACA JUGA: Gawat! Risiko Kepunahan Spesies Burung Indonesia Tertinggi di Dunia

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Magelang, Prihadi menambahkan, diperbolehkannya aktivitas mudik pada Lebaran tahun ini menjadi harapan baru untuk percepatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Magelang.

Setelah aktivitas masyarakat terkontraksi akibat pandemi Covid-19, kedatangan pemudik yang membawa banyak uang dari kota diharapkan bisa menjadikan aktivitas ekonomi di kampung halaman semakin menggeliat.

"Pemudik diharapkan berbelanja di kampung halaman untuk menghidupkan ekonomi terutama pedagang kecil dan UMKM. Manfaatkanlah produk lokal Magelang. Kemudian, pengusaha di daerah tetap terapkan harga wajar, jangan menggunakan aji mumpung dengan nuthuk [harga tinggi], dan jangan menjual barang kadaluarsa, perhatikan mutu barang," katanya.

Para pemudik yang telah dua tahun tidak pulang kampung juga disarankan berwisata di destinasi kawasan Kabupaten Magelang.

Menurut anggota DPRD dari Fraksi Gerindra ini, banyak destinasi wisata baru di Kabupaten Magelang yang tumbuh dengan keunikan masing-masing seperti Nepal Van Java, Silancur, Tol Khayangan, Telomoyo, pemandian air bening, dan lainnya. "Peyedia jasa wisata juga diharapkan memberikan pelayanan yang terbaik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

TPA Piyungan Ditutup Permanen Besok! Semua Depo Sampah Kota Jogja Hari Ini Dikosongkan

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement