Advertisement

Kembali Gelar Salat Id, Masjid Istiqlal Disesaki Warga

Newswire
Senin, 02 Mei 2022 - 08:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Kembali Gelar Salat Id, Masjid Istiqlal Disesaki Warga Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (2/5 - 2022)./Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Salat Idulfitri Kembali digelar di Masjid Istiqlal Jakarta setelah dalam dua tahun terakhir tak menggelar Salat Id berjamaah imbas pandemi Covid-19. Pada pelaksanaan Salat Id, Senin (2/5/2022), jemaah penuh sesak untuk bisa masuk.

Sejak pukul 04.00 WIB jemaah mulai berdatangan ke masjid kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut. Bahkan, hingga pukul 06.00 WIB, parkir kendaraan sudah hampir sampai area Posblok Pasar Baru.

Advertisement

Sebelum bisa masuk area utama masjid, antrean jemaah mengular karena mereka harus melewati pemeriksaan oleh paspampres. Pasalnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menggelar Salat Id di Masjid Istiqlal.

"Iya betul [Wapres gelar Salat Id] di Istiqlal," ujar Juru Bicara Masjid Istiqlal Abu Hurairah di Jakarta, Senin.

Sejumlah petugas internal pun disiagakan di sekitar area luar masjid untuk mengatur alur kedatangan jemaah. Mereka juga mengingatkan umat untuk tetap memakai masker selama di area masjid.

Bagi warga, dapat kembali menggelar Salat Id di Masjid Istiqlal seolah menjadi pelepas rindu. Apalagi dalam dua tahun terakhir pengurus Istiqlal meniadakan Salat Id imbas penularan Covid-19 yang tinggi.

"Kerinduan saya untuk Masjid Istiqlal kini terbayarkan. Alhamdulillah kini sudah boleh Salat Id," ujar Arif Gunawan, seorang warga Cikini.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar berpesan kepada jemaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19.

Masyarakat juga diimbau membawa alas salat pribadi, datang lebih awal guna menghindari penumpukan saat masuk, membawa plastik untuk sandal, harus dalam kondisi sehat, dan telah divaksin.

"Kami juga memperhatikan persiapan lain yaitu mengantisipasi jumlah pengunjung yang datang karena sudah sangat merindukan masjid kebanggaannya," kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement