Advertisement

Opor Ayam Hidangan Lebaran, Selain Nikmat juga Kaya Manfaat

Newswire
Selasa, 03 Mei 2022 - 15:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Opor Ayam Hidangan Lebaran, Selain Nikmat juga Kaya Manfaat Opor ayam hidangan khas Lebaran. (Freepik.com)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-Opor ayam menjadi salah satu hidangan yang selalu ada saat Lebaran. Belum banyak yang tahu opor ayam ternyata manfaatnya senikmat rasanya.

Tidak hanya rasanya yang nikmat, opor juga bisa membantu kesehatan tubuh kita, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan ya. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Advertisement

Manfaat opor ayam bagi kesehatan tubuh bisa ditilik dari bahan-bahan dan bumbu di dalamnya. Sejumlah bahan utama opor ayam adalah daging ayam, santan kelapa, daun salam, daun serai, bawang merah, lada, kemiri, kayu manis, jintan, bawang putih, dan lain-lain.

Dari bahan-bahan utama tersebut menyimpan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari halodoc.com pada Senin (2/5/2022):

 

  1. Ayam

Sudah bukan rahasia lagi kalau ayam menyimpan asupan protein tinggi bagi tubuh, terutama bila kamu menggunakan jenis ayam kampung. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi ayam adalah zat besi yang dapat mengatasi kurang darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh mengingat kandungan yang terdapat pada supnya, meningkatkan massa otot, dan baik untuk pertumbuhan anak.

 

  1. Santan Kelapa

Selain baik untuk kecantikan, yaitu melebatkan rambut, santan kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan. Memperkuat tulang, melengkapi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan tubuh, dan sumber energi untuk tubuh yang fit.

 

  1. Daun Salam

Daun salam tidak hanya memberikan sentuhan rasa yang lezat pada makanan, tetapi juga baik untuk kesehatan seperti meredakan nyeri maag, mengurangi kadar gula, dan melawan bakteri serta jamur

 

  1. Bawang Merah

Rasa gurih yang diberikan bawang merah nyatanya tidak hanya menjadi satu-satunya manfaat dari bawang merah. Ada beberapa manfaat lebih penting lainnya, seperti memperkuat sistem imun tubuh, mengontrol kadar gula dalam darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan meminimalisir risiko kanker.

 

  1. Lada

Lada mengandung berbagai minyak esensial yang baik untuk anti-inflamasi dan mencegah perut kembung. Selain itu, lada dapat mengontrol tekanan darah serta mempertahankan produksi sel darah merah.

 

  1. Kemiri

Kandungan gizi pada kemiri dapat mengobati sakit gigi, membantu meredakan sariawan, mengatasi infeksi jamur pada kulit, dan mengurangi sembelit.

 

Secara terperinci, bahan-bahan yang melengkapi opor ayam memiliki khasiat nyata untuk kesehatan. Bagaimana ketika semua bahan tersebut digabung? Manfaat opor ayam yang paling signifikan untuk tubuh adalah sebagai sumber energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meningkatkan metabolisme tubuh, baik untuk ibu hamil, dan sumber nutrisi untuk perkembangan otak janin.

Selain itu juga memperkuat tulang, mencegah peradangan sendi, dan meningkatkan daya tahan tubuh sehabis sakit adalah manfaat opor ayam lainnya. Walaupun memiliki segudang manfaat, sejatinya mengonsumsi opor ayam berlebihan juga tidak baik. Apalagi kalau minyak dan jenis ayam yang digunakan tidak sesuai dengan yang direkomendasikan untuk kesehatan. Sebaiknya, gunakan ayam kampung dan minyak dengan titik didih tinggi. Sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan jenis minyak canola, zaitun, atau minyak wijen.

Artikel ini sudah dimuat di Solopos.com dengan judul "Bukan Hanya Lezat, Opor Ayam Ternyata Juga Kaya Manfaat" selengkapnya di sini: https://www.solopos.com/bukan-hanya-lezat-opor-ayam-ternyata-juga-kaya-manfaat-1309726?utm_source=terkini_desktop.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement