Advertisement

Dunia Terancam Inflasi Pangan, Bagaimana Nasib Indonesia?

Ni Luh Anggela
Senin, 23 Mei 2022 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Dunia Terancam Inflasi Pangan, Bagaimana Nasib Indonesia? Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat pembukaan pembukaan perdagangan Bursa di BEI, Jakarta, Senin (3/1/2021). - Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan dunia saat ini tengah terancam inflasi pangan.

Dia mengatakan, sebagian besar harga pangan mengalami peningkatan sehingga memengaruhi sebagian besar negara termasuk Indonesia.

Advertisement

Kendati demikian, dampak yang dirasakan Indonesia tak terlalu besar. Ini lantaran Indonesia dalam tiga tahun terakhir sukses membentuk swasembada komoditas beras.

"Untungnya Indonesia dalam tiga tahun terakhir sudah melakukan swasembada komoditas beras. Jadi bahan pokok utama tersedia di dalam negeri," kata Airlangga dalam dalam Indonesia Pavilion: Indonesia Economic Outlook 2022 and The G20 Presidency, Senin (23/5/2022).

BACA JUGA: Arab Saudi Larang Warganya Bepergian Ke-16 Negara Termasuk Indonesia, Ini Alasannya

Di lain sisi, mengenai dampak perang antara Rusia dan Ukraina, Airlangga mengungkapkan bahwa Indonesia tak akan terkena dampak langsung dari konflik kedua negara tersebut. Pasalnya, perdagangan Indonesia dengan Rusia dan Ukraina hanya sekitar US$2 miliar dalam setahun.

Namun, mengingat 40 persen dari total kebutuhan gandum dalam negeri berasal dari Ukraina, dampak konflik kedua negara sudah pasti dirasakan oleh perusahaan mie di Indonesia.

"Mereka dapat mengubah harga mi sehingga akan ada inflasi me. Dalam tiga tahun terakhir kenaikan harga mi mendekati nol," ungkap Airlangga.

Airlangga memperkirakan, kenaikan harga mi akan terjadi di 2022, meskipun perusahaan mi di Indonesia sudah mengamankan kontrak impor gandum hingga September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bus Terbakar di Ring Road Gamping, 10 Penumpang Berhasil Dievakuasi

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement