Advertisement

Omicron BA.4 dan BA.5 Masuk Indonesia, Ini Penjelasan Istana

Afiffah Rahmah Nurdifa
Senin, 13 Juni 2022 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
Omicron BA.4 dan BA.5 Masuk Indonesia, Ini Penjelasan Istana Ilustrasi Omicron. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo memastikan pemerintah terus memantau ketersediaan fasilitas di rumah sakit, termasuk obat dan oksigen guna menghadapi masuknya Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Pasalnya, belakangan diketahui kasus harian Covid-19 kembali meningkat secara perlahan.

Advertisement

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kenaikan kasus disebabkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang baru saja masuk pada 6 Juni 2022.

"Kita tidak boleh lengah, jangan terjegal menjelang finish," ujar Abraham dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (13/6/2022).

Namun, dia mengklaim sampai saat ini kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia masih terpantau baik dengan rasio positif dan transmisi kasus yang masih rendah.

Meskipun demikian KSP tetap mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksin booster.

"Kenaikan angka kasus kita lihat sebagai warning. Kalo kita mau menjaga Indonesia tetap on track menuju endemi maka kita jangan abai protokol kesehatan dan menolak vaksin booster," lanjutnya.

Sekadar informasi, subvarian baru terdeteksi di pada 6 Juni 2022 dari 4 kasus positif. Subvarian ini dikabarkan memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien.

Tercatat, satu orang positif merupakan WNI dengan kondisi tidak bergejala dan sudah vaksin dua kali.

Sementara itu tiga orang lainnya merupakan pelaku perjalanan luar negeri dimana dua di antaranya bergejala ringan yakni sakit tenggorokan dan badan pegal, sedangkan satu orang lainnya tidak bergejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masuk Radar PKB, Sutrisna Wibawa : Semua Masih Cair

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement