Advertisement

Konflik dengan Rusia Memanas, NATO Siagakan 300.000 Pasukan Reaksi Cepat

Newswire
Selasa, 28 Juni 2022 - 08:57 WIB
Budi Cahyana
Konflik dengan Rusia Memanas,  NATO Siagakan 300.000 Pasukan Reaksi Cepat Ilustrasi Kapal induk Amerika Serikat Nimitz USS Abraham Lincoln./Antara - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  North Atlantic Treaty Organization atau NATO bersiap meningkatkan pasukan hingga tujuh kali lipat seiring meningkatnya eskalasi konflik dengan Rusia. 

Dilansir Bloomberg, Senin (27/6/2022), Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) itu berencana untuk menyiagakan pasukan hingga 300.000 personel. Keputusan ini sekaligus salah satu perubahan terbesar pada perencanaan pertahanan NATO dalam beberapa dasawarsa terakhir.

Advertisement

"Ini merupakan perombakan terbesar dari pencegahan dan pertahanan kolektif kami sejak Perang Dingin," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg kepada wartawan seperti dikutip dari Bloomberg.

Dia menyebutkan, dengan model pertahanan kolektif ini NATO akan menempatkan lebih banyak peralatan, meningkatkan pertahanan udara dan mengalokasikan pasukan khusus untuk mempertahankan sekutu tertentu dan mempertahankan pasukan tersebut pada tingkat kesiapan tertentu. 

Model kekuatan baru ini akan memberi reaksi cepat. Kekuatan siaga dalam jumlah besar ini akan memberikan NATO pasukan reaksi cepat lebih dari 300.000 tentara pada 2023. 

Para pemimpin NATO akan bertemu di Madrid pada 29-30 Juni 2022 untuk merealisasikan proposal pertahanan terbaru ini. Pembahasan disebutkan bukan hanya terkait Rusia namun juga pengaruh China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Buka Layanan Konsultasi bagi Paslon Perseorangan di Pilkada Kota Jogja

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement