Advertisement

Zelensky ke Jokowi: Kehadiran Ukraina di G20 Bergantung pada Keamanan di Indonesia

Nindya Aldila
Kamis, 30 Juni 2022 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Zelensky ke Jokowi: Kehadiran Ukraina di G20 Bergantung pada Keamanan di Indonesia Presiden Jokowi tiba di Istana Maryinsky, Kyiv disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana pada Rabu sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat, pada Rabu (29/6 - 2022) / Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan akan memenuhi undangan G20 dari Presiden Joko Widodo. Namun menurutnya hal itu bergantung dari keamanan dan komposisi kehadiran acara di Bali tersebut.

Dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina, Ketua Presidensi G20 ini menyampaikan undangan kepada pemimpin Ukraina untuk menghadiri KTT G20 pada November di Bali.

Advertisement

Zelensky mengatakan dukungan ketua dan para anggota G20 sangat penting bagi pemulihan perdamaian di Ukraina yang saat ini sedang menghadapi situasi geopolitik yang kompleks akibat peperangan.

Namun, Zelensky mengungkapkan partisipasinya akan bergantung pada situasi keamanan di Indonesia. Hal ini kemungkinan merujuk pada Presiden Rusia Vladimir Putin yang seharusnya hadir sebagai anggota G20.

"Saya berterima kasih kepada Anda, Tuan Presiden, atas undangan pribadi untuk ambil bagian dalam KTT G20, dan, tentu saja, saya menerima undangan itu. Partisipasi Ukraina akan tergantung pada situasi keamanan di [Indonesia] dan pada komposisi peserta," ungkap Zelensky, seperti dikutip dari keterangan resmi Istana Presiden Ukraina pada Rabu (29/6/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” tandasnya.

Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement