Advertisement

Ini Manfaat Ajaib Buah Nanas untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 27 Juli 2022 - 11:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini Manfaat Ajaib Buah Nanas untuk Kesehatan Manfaat Ajaib Buah Nanas untuk Kesehatan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat.

Nanas kaya akan nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melindungi dari peradangan dan penyakit.

Advertisement

Kandungan dalam nanas memiliki manfaat ajaib untuk kesehatan, termasuk perbaikan pencernaan, kekebalan, dan pemulihan dari operasi.

Berikut adalah 7 manfaat kesehatan yang ajaib dari nanas yang mungkin belum Anda ketahui seperti dilansir dari healthline:

1. Kaya dengan nutrisi

Nanas rendah kalori tetapi memiliki banyak nutrisi dan mengandung fosfor, seng, kalsium, dan vitamin A dan K.

Buah ini sangat kaya akan vitamin C dan mangan. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, dan pertumbuhan dan perkembangan, sementara mangan menawarkan sifat antioksidan dan membantu pertumbuhan dan metabolisme.

Antioksidan membantu mencegah oksidasi dalam tubuh Anda, yang dapat membantu menangkal peradangan yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit kronis lainnya.

Nanas juga mengandung mikronutrien lain, seperti tembaga, tiamin, dan vitamin B6, yang penting untuk metabolisme yang sehat.

2. Mengandung antioksidan penangkal penyakit

Nanas tidak hanya kaya nutrisi tetapi juga sarat dengan antioksidan, molekul yang membantu tubuh Anda menangkal stres oksidatif.

Stres oksidatif disebabkan oleh banyaknya radikal bebas, molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel yang sering dikaitkan dengan peradangan kronis, kesehatan kekebalan yang melemah, penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid dan senyawa fenolik. Dua penelitian pada tikus menunjukkan bahwa antioksidan nanas mungkin memiliki efek melindungi jantung, meskipun penelitian pada manusia masih kurang.

Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas dianggap sebagai antioksidan terikat, artinya mereka menghasilkan efek yang tahan lama.

3. Dapat membantu pencernaan

Buah ini mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain yang dapat memperlancar pencernaan daging.

Bromelain berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein dipecah, usus kecil Anda dapat lebih mudah menyerapnya. Ini sangat membantu bagi orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras .

Satu studi tabung menemukan bahwa bromelain mengurangi penanda inflamasi di jaringan pencernaan, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Terlebih lagi, nanas adalah sumber serat yang baik, yang membantu kesehatan pencernaan

4. Dapat mengurangi risiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis

Beberapa penelitian mencatat bahwa nanas dan senyawanya, termasuk bromelain, dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu mengobati kanker yang telah berkembang

Misalnya, satu penelitian tabung menemukan bahwa bromelain menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel, sementara penelitian pada tikus menemukan bahwa bromelain meningkatkan efek terapi antikanker.

Penelitian tabung reaksi lainnya telah menghasilkan hasil yang serupa untuk kanker kulit, kolorektal, atau saluran empedu

Lebih lanjut, penelitian tabung dan hewan yang lebih tua telah menemukan bahwa bromelain dapat merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan molekul yang membuat sel darah putih lebih efektif dalam menekan pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan sel kanker.

Konon, nanas mengandung bromelain jauh lebih sedikit daripada suplemen.

Satu tinjauan penelitian pada manusia menemukan tidak ada manfaat menggunakan enzim oral seperti bromelain bersama terapi kanker, meskipun penelitian beragam.

5. Dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan

Nanas telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Mereka mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan

Dalam penelitian 9 hari yang lebih lama, 98 anak sehat tidak makan nanas, kira-kira 1 cangkir (140 gram) nanas, atau sekitar 2 cangkir (280 gram) nanas setiap hari.

Mereka yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Ditambah lagi, anak-anak yang paling banyak makan buah ini memiliki sel darah putih pelawan penyakit empat kali lebih banyak daripada kelompok lainnya

Sebuah studi 30 hari pada 40 orang dewasa dengan sinusitis kronis menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen bromelain 500 mg pulih secara signifikan lebih cepat daripada mereka yang berada dalam kelompok kontrol.

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi penanda peradangan, sehingga membantu kesehatan kekebalan tubuh

Selain itu, penelitian tabung reaksi awal bahkan menemukan bahwa suplemen bromelain, sendiri dan dalam kombinasi dengan senyawa lain, dapat membantu mengurangi gejala COVID-19 dan memperlambat perkembangannya.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan. Ingatlah bahwa baik nanas maupun senyawanya tidak dapat menyembuhkan atau mencegah COVID-19

6. Dapat meringankan gejala radang sendi

Arthritis mempengaruhi lebih dari 54 juta orang dewasa di Amerika Serikat saja. Ada banyak jenis radang sendi, tetapi sebagian besar melibatkan peradangan sendi (35).

Sifat anti-inflamasi Bromelain dapat memberikan pereda nyeri bagi mereka yang menderita radang sendi. Satu studi menemukan suplemen bromelain sama efektifnya dalam meredakan osteoartritis di punggung bawah seperti pengobatan nyeri biasa

Dalam penelitian lain pada orang dengan osteoartritis, suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain membantu menghilangkan rasa sakit seefektif obat radang sendi biasa

Selanjutnya, sebuah penelitian tabung menemukan bahwa senyawa ini membantu melindungi terhadap degradasi jaringan tulang rawan dan peradangan yang terkait dengan osteoartritis

7. Dapat mempercepat pemulihan setelah operasi atau olahraga berat

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau olahraga

Sementara buah ini membantu mengisi kembali simpanan karbohidrat setelah berolahraga, beberapa manfaatnya juga karena sifat anti-inflamasi bromelain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan rasa sakit yang sering terjadi setelah operasi, termasuk prosedur gigi dan kulit. Ini juga dapat mengurangi penanda peradangan

Dua ulasan menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi ketidaknyamanan, rasa sakit, atau pembengkakan setelah operasi gigi

Terlebih lagi, satu ulasan menemukan bahwa dalam 5 dari 7 penelitian terkontrol secara acak, bromelain meningkatkan pemulihan setelah prosedur bedah kulit. Namun, penggunaannya tetap diperebutkan

Selain itu, protease seperti bromelain dapat mempercepat pemulihan otot setelah olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum senyawa ini dapat direkomendasikan untuk pemulihan pasca pelatihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement