Advertisement

China Dilanda Gempa saat Penguncian Covid-19, Sedikitnya 65 Orang Tewas

John Andhi Oktaveri
Selasa, 06 September 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
China Dilanda Gempa saat Penguncian Covid-19, Sedikitnya 65 Orang Tewas Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Setidaknya 65 orang tewas akibat gempa kuat yang melanda barat daya China dan dirasakan jutaan orang di bawah penguncian ketat Covid-19 di Chengdu.

Gempa berkekuatan 6,6 pada skala Richter itu melanda sekitar 26 mil (43 km) tenggara Kota Kangding pada kedalaman sekitar enam mil, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Advertisement

Penyiar CCTV negara China mengatakan bahwa 17 orang tewas di kota Ya'an, sementara 29 kematian dilaporkan di Ganzi yang berdekatan.

“Sebanyak 16 orang lainnya hilang dan 50 lainnya luka-luka,” menurut CCTV Senin malam seperti dikutip TheGuardian.com, Selasa (6/9/2022).

Gempa susulan juga mengguncang bangunan di Ibu Kota Provinsi Sichuan, Chengdu dan kota terdekat Chongqing.

Seorang warga, Chen, berkata: “Saya merasakannya dengan sangat kuat dan beberapa tetangga saya di lantai dasar mengatakan bahwa mereka merasakannya dengan sangat jelas.

“Tetapi karena Chengdu berada di bawah manajemen epidemi, orang-orang tidak diizinkan meninggalkan kompleks perumahan mereka, sehingga banyak dari mereka bergegas ke halaman mereka.”

BACA JUGA: Diiming-imingi Investasi, Warga Bantul Ketipu Rp850 Juta

CCTV melaporkan bahwa tanah longsor dari gunung yang dipicu oleh gempa menyebabkan "kerusakan parah" di setidaknya satu kota.

Jalan ke kota lain diblokir dan jalur telekomunikasi di daerah yang berpenduduk lebih dari 10.000 orang terputus, kata penyiar. Dia menambahkan bahwa guncangan juga memaksa beberapa pembangkit listrik offline di Garz dan Ya'an.

Media pemerintah melaporkan bahwa beberapa gempa susulan tercatat di daerah terdekat. Gempa berkekuatan 4,6 pada skala Richter yang lebih kecil melanda Tibet timur kurang dari satu jam setelah gempa awal, menurut USGS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement