Advertisement

Blogger Ini Kunjungi 91 Negara untuk Cari Toilet Terburuk, Salah Satunya Ada di Indonesia

Sirojul Khafid
Selasa, 27 September 2022 - 18:17 WIB
Sirojul Khafid
Blogger Ini Kunjungi 91 Negara untuk Cari Toilet Terburuk, Salah Satunya Ada di Indonesia Toilet di Ayni, Tajikistan. - Daily Mail

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berkunjung ke luar negeri dan membagikan foto atau cerita tempat-tempat indah tentu wajar. Tapi tidak bagi blogger berusia 58 tahun, Graham Askey. Dia telah mengunjungi 91 negara untuk mencari satu hal: toilet terburuk di dunia.

Dikutip dari Daily Mail, Askey telah menghabiskan uang sebanyak 165.000 dolar Amerika Serikat (sekitar ..) bekeliling dunia. Dari perjalanannya ini, dia menyimpulan pemenang toilet terburuk di dunia berada di sudut terpencil Tajikistan.

Advertisement

“Setelah menikmati beberapa fasilitas kamar mandi paling kotor yang dapat ditemukan di mana pun di planet ini, toilet di Tajikistan pasti yang terburuk di dunia, ini adalah lubang neraka yang sempurna,” kata Askey.

Toilet di Ayni, Tajikistan, terletak di sebuah bilik kayu yang dikelilingi oleh kotoran sudah kering oleh sinar matahari. Tidak hanya kotoran, adapula tikus dan ular berbisa di sekitarnya.

“Tanpa kertas toilet yang tersedia di dalam toilet itu, para pembangun dengan nyaman membangunnya dengan penutup kain sebagai pengganti kertas toilet,” kata Askey. “Dan sepertinya, penduduk setempat telah menggunakan kain penutup itu di semua sisi!”

Toilet di Tajikistan hanyalah salah satu dari banyak toilet yang didokumentasikan Askey di blog “Inside Other Places”. Beberapa toilet yang ditemukan Askey termasuk kursi di Benin dengan tutup toilet di atas ember, wastafel di Bangladesh, dan bak mandi di China.

Namun, salah satu toilet paling mengerikan yang ditemui Askey berada di Indonesia. Bertengger di atas panggung 10 kaki di atas tanah, penggunanya harus berjalan melalui papan kayu untuk mencapai kamar mandi.

Toilet itu, kata Askey, juga merupakan toilet paling tidak sadar privasi lantaran terletak di tengah desa. Askey hanya memotret bagian luar toilet tersebut. Dia khawatir para pembaca akan muntah apabila melihat bagian dalamnya.

Ekspedisi toilet terburuk ini ternyata menarik antusias masyarakat. Askey kemudian membukukan 36 toilet teratas dengan judul “Toilets of the Wild Frontier”.

“Sementara pembaca pasti akan menganggap toilet umum yang menyedihkan ini lucu. Tapi harus dipahami bahwa mereka mewakili risiko kesehatan yang signifikan, yang dapat dikurangi secara substansial dengan mendukung badan amal seperti ActionAid dan Hari Toilet Sedunia,” kata Askey.

Dalam laporkan Deutsche Welle, sebanyak 2,6 miliar orang di seluruh dunia hidup tanpa toilet yang layak. Hal ini dapat menyebabkan berkembang biaknya penyakit mematikan seperti kolera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement