Advertisement

Proyek Pembangunan 10 Kota Baru di Indonesia Tak Akan Selesai pada 2024

Afiffah Rahmah Nurdifa
Selasa, 04 Oktober 2022 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Proyek Pembangunan 10 Kota Baru di Indonesia Tak Akan Selesai pada 2024 KEK Sei Mangkei di Simalungun, Sumatra Utara. - Antara/Muhammad Syafii

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wacana pembangunan 10 kota baru di Indonesia semakin jelas dan diragukan bisa terwujud pafa 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti bahwa penangan proyek tersebut belum bisa dilanjutkan karena sejumlah kendala.

Advertisement

"Terus terang aja sampai dengan saat ini kita belum lanjut untuk penanganannya, seperti Maja, lalu Sofifi yang masih didorong terus untuk melakukan penataannya," kata Diana kepada wartawan di Kantor Kementerian PUPR, Senin (3/10/2022).

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat arahan untuk mengembangkan 10 kota di berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019-2024 ada 4 kota baru, yaitu Maja, Sofifi, Tanjung Selor dan Sorong. Wacana kota baru ini sempat menjadi ambisi pemerintah meski molor karena pandemi Covid-19.

Adapun, kota-kota lainnya yang masuk dalam proyek ini yaitu Pontianak, Padang, Banjarbaru, Palembang, Jayapura, Sei Mangkei, Manado. Lebih lanjut, Kota-kota tersebut pembangunannya bersifat revitalisasi.

Hal ini pun dibenarkan oleh Diana, lebih lanjut, menurutnya untuk membangun kota yang baru itu sesuatu yang tidak mudah. Sebab, perlu stimulus dan kerja sama dari berbagai stakeholder untuk membangun di wilayah tersebut.

"Meskipun ini juga sudah ada Perpres nya untuk Kota Sosififi tapi memang kita belum lanjutkan," tambahnya.

Di sisi lain, dia memastikan pihaknya telah mengupayakan untuk membarukan kota-kota tersebut. Diana menerangkan Kota Maja yang sudah didorong pengembangan dengan swasta pun, termasuk untuk infrastruktur.

"Kita lakukan penanganan sebelum menjadi kota baru tapi memang kita belum selesai sampai dengan 2024, belum selesai 100 persen. Sofifi belum, Maja mendekati, Pontianak sudah karena sifatnya revitalisasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement