Advertisement

Terus Dorong Ekonomi Hijau, KLHK Jadi yang Terbaik di Ajang SAC 2022

Arief Junianto
Jum'at, 02 Desember 2022 - 09:17 WIB
Arief Junianto
Terus Dorong Ekonomi Hijau, KLHK Jadi yang Terbaik di Ajang SAC 2022 Para penerima penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards (SAC) 2022 berfoto bersama. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, Jakarta — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia's SDGs Action Awards (SAC) 2022 kategori kementerian/lembaga.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa kepada Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakil Menteri LHK pada pembukaan Indonesia's SAC 2022, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Advertisement

KLHK dipilih menjadi pemenang pertama oleh dewan juri karena dinilai konsisten dan terus berinovasi dalam implementasi pengarusutamaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs atau agenda 2030. 

Beberapa best practice dan kegiatan inovatif yang dilakukan KLHK dalam mendukung pencapaian SDGs digambarkan melalui tiga kegiatan, yakni Perhutanan Sosial untuk Pengentasan Kemiskinan; Program Kampung Iklim sebagai Aksi Parapihak dalam Penanganan Perubahan Iklim; dan Sistem Monitoring Hutan Nasional (Simontana) sebagai Istrumen Pencapaian Ekosistem Daratan Berkelanjutan.

"Semua best practice dan inovasi-inovasi KLHK dilakukan untuk mendorong aksi nyata ekonomi hijau untuk mencapai SDGs," kata Menteri LHK, Siti Nurbaya melalui rilis, Jumat (2/1/2022).

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Jumat (2/12/2022): Pagi Berawan

Siti menyampaikan bahwa Pelaksanaan TPB/SDGs di KLHK pada prinsipnya ialah upaya pencapaian kinerja dari seluruh program yang ada, karena nilai yang diusung dalam pembangunan LHK ialah pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan yang dilakukan di lingkup KLHK berperan dalam pencapaian pilar sosial, pilar ekonomi, pilar lingkungan dan pilar tatakelola SDGs di Indonesia. Komitmen ini juga selaras dengan upaya pencapaian target NDC.

Sementara itu Bambang mengungkapkan jika selaras dengan RPJMN 2020-2024 dan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs), sumber daya alam hutan dan lingkungan Indonesia yang berkeunggulan komparatif dan kompetitif harus dikelola secara berkeadilan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan memperkecil kesenjangan ekonomi wilayah atau rasio gini. 

"Dalam mencapai tujuan bersama tersebut, kedaulatan negara dan peradaban sosial masyarakatnya harus terjamin seiring dengan pelaksanaan pembangunan ekonomi hijau yang menekankan produktivitas tinggi, efisiensi dan rendah emisi. Untuk itu, kami terus berupaya dalam suksesnya agenda 2030, TPB/SDGs dengan peran-peran yang tepat dan proporsional," ucapnya.

Anugerah Indonesia's SDGs Action Awards 2022, kata dia, sendiri memiliki 11 kategori, yaitu, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pelaku usaha besar, pelaku usaha kecil dan menengah, organisasi masyarakat sipil, filantropi, organisasi orang muda, dan media.

Indonesia SDGs Action Awards 2022 pada dasarnya digelar sebagai bentuk apresiasi bagi pemerintah dan aktor nonpemerintah yang konsisten mendukung pelaksanaan SDGs di Indonesia.

Diketahui, SDGs Annual Conference 2022 mengambil tema Mendorong Aksi Nyata Ekonomi Hijau untuk Mencapai SDGs. SDGs Annual Conference 2022 juga menyuguhkan beberapa diskusi panel, pameran, dan penampilan seni. Ada pula SDG Festival untuk pelajar dan orang muda yang dikhususkan untuk selebrasi orang muda yang aktif dalam upaya pelaksanaan SDGs. Selain itu, ada juga sesi diskusi yang mengangkat isu transisi ekonomi hijau untuk pembangunan berkelanjutan dan inklusif.

KLHK berkomitmen kuat untuk me-mainstream SDGs. Sejak 2017 saat Perpres 59 tentang pelaksanaan TPB/SDGs, KLHK telah berinisiasi pembentukan pokja dan menyusun Roadmap kontribusi Program/kegiatan terhadap pencapaian SDGs nasional. Setiap tahun KLHK aktif mensosialisasikan, mengadakan atau mengikuti berbagai pertemuan terkait TPB/SDGs, serta menerbitkan beberapa media publikasi untuk mengajak para pihak ikut terlibat dalam agenda bersama ini. 

Pada tahun ini, KLHK telah menerbitkan PermenLHK No.21/2022 tentang Tata Laksana Penerapan Nilai Ekonomi Karbon dan KepMenLHK Nomor 168/2022 tentang Rencana Operasional Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FoLU) Net Sink 2030 untuk Pengendalian Perubahan Iklim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement