Advertisement

Video Youtube Pertemukan Kembali Orang yang Kabur ke Pasar Kepek Bantul Selama 25 Tahun karena Takut Disunat, Ini Kronologinya

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 26 Januari 2023 - 16:52 WIB
Budi Cahyana
Video Youtube Pertemukan Kembali Orang yang Kabur ke Pasar Kepek Bantul Selama 25 Tahun karena Takut Disunat, Ini Kronologinya Keluarga dan warga menyambut kepulangan Ag, warga Kecamatan Polanharjo, Klaten, yang menghilang selama 25 tahun terakhir karena takut disunat, Rabu (25/1/2023) sore. Ag selama ini tinggal di Pasar Kepek, Bantul. - JIBI/Solopos/Taufiq Sidik Pdakoso

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Ag, pria asal Polanharjo, Klaten, yang selama 25 tahun terakhir kabur dari rumah karena takut disunat dan tinggal di Pasar Kepek, Sewon, Bantul, akhirnya kembali ke keluarganya. Ag yang kini berumur 35 tahun bertemu kembali dengan keluarganya setelah video tentang kehidupannya di Pasar Kepek ditayangkan di kanal Youtube Sinyo Official.

Kanal Youtube Sinyo Official kali pertama mengunggah video Ag yang hidup di Pasar Kepek, Bantul, pada Senin (16/1/2023). Dalam video itu tampak Ag yang berbadan besar tengah tiduran di pasar. Kaki kanannya terluka dan bengkak.

Advertisement

Dalam video berdurasi 18 menit 19 detik itu, pemilik kanal Youtube itu menanyai Ag soal latar belakang kehidupannya yang sehari-hari berada di pasar itu. Kanal Youtube Sinyo Official mengunggah dua video lagi tentang Ag.

BACA JUGA: Kisah Warga Pasar Kepek Bantul Merawat Bocah yang Pergi dari Rumah Selama 25 Tahun karena Takut Disunat

Dari video itulah Ag akhirnya bisa bertemu dengan keluarganya. Kakak Ag berinisial DW menceritakan keluarganya sudah berusaha melacak keberadaan pria Klaten yang hilang selama 25 tahun terakhir itu.

Keluarga mendatangi berbagai wilayah di Klaten, Solo, hingga Jogja untuk mencari keberadaan Ag. Selain itu, mereka menyebar foto Ag. Kabar pencarian Ag juga disiarkan melalui radio. Namun, pencarian tak kunjung membuahkan hasil.

Hingga sekitar sepekan lalu, DW mendapatkan kabar dari tetangganya yang melihat tayangan video di kanal Youtube Sinyo Official tentang Ag. Sang tetangga merasa tak asing dengan pria dalam unggahan video tersebut. Meski kini sudah dewasa, ciri-ciri pria di dalam video sama dengan ciri-ciri Ag.

BACA JUGA: Butuh Modal Nikah, Warga Imogiri Nekat Curi Mesin Diesel

Apalagi, ada bekas luka di salah satu kaki Ag. Hal itu membesarkan hati keluarga. Dibantu tetangga, DW beserta keluarga besarnya dihubungkan dengan pemilik akun Youtube Sinyo Official. Setelah pencocokan, pria yang ada dalam video tersebut dipastikan Ag.

Akhirnya Ag bisa dipulangkan ke rumahnya pada Rabu (25/1/2023). Selama 25 tahun, Ag tinggal di Pasar Kepek, Bantul, DIY. Oleh pedagang pasar tersebut, Ag sudah dianggap seperti keluarga sendiri.

Pedagang sebelumnya tak mengetahui secara persis daerah asal Ag. Selama ini Ag hanya mengingat daerah asalnya adalah Klepu serta Wonosari, Gunungkidul.

BACA JUGA: Nyampah Sembarangan, 4 Warga Jogja Dijerat Pidana

Ibunda Ag berinisial Am, 67, lega akhirnya bisa bertemu kembali dengan putra ketiganya itu. Pencarian ke berbagai kota sudah dilakukan dan meski upaya pencarian tak membuahkan hasil, Am selama ini meyakini suatu saat putranya akan kembali ke rumah.

Am mengatakan selama ini sosok putranya yang menghilang kerap terbawa hingga mimpi. “Seperti ada yang memanggil-manggil dan ketuk-ketuk pintu rumah,” kata Am. Am sempat pingsan ketika kali pertama melihat putranya yang hilang sejak umur 10 tahun. Setelah sadar kembali, ia pun langsung memeluk putra yang sangat dirindukannya itu.

Ag adalah bungsu dari tiga bersaudara. Ag pergi dari rumah pada 1998 saat berumur kurang lebih 10 tahun. Saat ini, Ag berumur sekitar 35 tahun. Keluarga menduga saat itu Ag pergi tanpa pamit karena takut akan disunat. Awalnya, Ag pergi berdua dengan teman sekampungnya.

BACA JUGA: Lagi-Lagi Karena Andalkan Google Map, Truk Terguling di Cinomati

Beberapa waktu kemudian, teman Ag itu ditemukan di Stasiun Solo Balapan. Sementara Ag tak diketahui keberadaannya dan disebut-sebut saat itu berpisah dengan temannya naik kereta api dari Stasiun Solo Balapan.

“Saya mencari ke mana-mana. Sampai Jogja, Stasiun Balapan Solo, serta Brebes. Saya dikuatkan bahwa suatu saat anak saya pasti pulang ke rumah,” kata Am di rumahnya, Rabu.

Am mendapatkan kabar keberadaan putra ketiganya dari kakak Ag. Dia bersyukur Ag selama ini dirawat oleh warga Pasar Kepek Bantul. “Alhamdulillah, senang banget matur nuwun banget. Anak saya sudah dirawat,” kata Am.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement