Advertisement

Cahaya Misterius Gunung Merapi Terekam CCTV, Begini Kesaksian Warga dan Keterangan BPPTKG

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 26 Januari 2023 - 18:42 WIB
Budi Cahyana
Cahaya Misterius Gunung Merapi Terekam CCTV, Begini Kesaksian Warga dan Keterangan BPPTKG Cahaya misterius di langit terlihat di sekitar pucak Gunung Merapi dan terekam kamera CCTV Pos Jrakah, Boyolali, pada 24 Januari 2024 dini hari. - Istimewa/@bpptkg

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Cahaya misterius  terlihat di langit atas puncak Gunung Merapi dan terekam kamera CCTV Pos Jrakah, Boyolali, pada 24 Januari 2023 dini hari. Cahaya serupa sering dilihat warga Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten.

Bagi warga di lereng Merapi, munculnya cahaya di puncak gunung tersebut merupakan fenomena biasa. “Warga itu sudah terbiasa dengan fenomena alam seperti itu. Tidak pernah dibahas,” ungkap Sukiman, warga Sidorejo, saat dihubungi melalui ponsel, Kamis (26/1/2023).

Advertisement

Menurut dia warga selalu mematuhi rekomendasi Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY.

BACA JUGA: Sultan Tegas Tak Akan Melepas Kepemilikan Tanah untuk Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen

Sementara itu, Kaur Perencanaan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jainu, mengatakan tidak ada pembicaraan di kalangan warga setempat mengenai rekaman video cahaya atau benda misterius di puncak Merapi.

“Saat kumpul-kumpul dan mengobrol, warga tidak membicarakan tentang itu. Warga sampai saat ini masih tenang-tenang saja,” kata Jainu.

Warga Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali, Rubiyah, juga mengaku tidak tahu menahu soal cahaya di puncak Merapi yang terekam kamera CCTV di Pos Jrakah pada 24 Januari 2023 lalu.

“Saya enggak tahu ada kejadian itu. Di tempat kami juga enggak ada omong-omongan masalah itu. Itu [pendapat] saya, kalau warga yang lain enggak tahu,” ujarnya.

Sebelumnya, video yang menampakkan benda atau cahaya misterius di atas Gunung Merapi beredar di media sosial. BPPTKG DIY kemudian memberikan klarifikasi. Klarifikasi itu disampaikan melalui akun Instagram @bpptg maupun grup Whatsapp media Merapi, Kamis (26/1/2023). BPPTKG DIY membenarkan kamera CCTV Badan Geologi di Pos Jrakah (sisi barat) Gunung Merapi, Selo, Boyolali, sempat merekam fenomena tersebut pada 24 Januari 2023 pukul 01.30 WIB.

BACA JUGA: Video Youtube Pertemukan Kembali Orang yang Kabur ke Pasar Kepek Bantul Selama 25 Tahun karena Takut Disunat, Ini Kronologinya

Berdasarkan data kegempaan, tidak terekam sinyal yang signifikan pada jam tersebut. “BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi bertugas melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam video tersebut,” tulis keterangan BPPTKG mengenai rekaman cahaya atau benda misterius tersebut.

BPPTKG melanjutkan aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini cukup tinggi yaitu berupa erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, pembentukan guguran, dan awan panas guguran.

Tingkat aktivitas masih Siaga. “Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya,” lanjut keterangan tertulis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement