Advertisement

Presiden Ukraina Kini Minta Bantuan Pesawat dan Rudal kepada NATO

Nancy Junita
Jum'at, 27 Januari 2023 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
Presiden Ukraina Kini Minta Bantuan Pesawat dan Rudal kepada NATO Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam forum diskusi yang di adakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) secara daring, Jumat (27/5/2022). - Dok. FPCI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Setelah mendapat bantuan tank, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta bantuan pesawat dan rudal kepada NATO dan sekutunya.

Mengutip Bloomberg, Kamis (26/1/2023), Amerika Serikat (AS) dan Jerman berjanji untuk memasok tank tempur ke Ukraina. Bantuan tank ini akan meningkatkan kemampuan Ukraina secara signifikan untuk menghadapi serangan Rusia.

Advertisement

Presiden Joe Biden mengatakan AS akan mengirim 31 tank M1 Abrams ke Ukraina, tanpa memberikan rincian waktunya. Adapun, Jerman telah menjanjikan lebih dari 100 tank Leopard 2, dengan pengiriman pertama kemungkinan akan tiba dalam waktu tiga bulan.

Ukraina berharap pengiriman pesawat dan rudal jarak jauh akan menyusul.

Kremlin memperingatkan bahwa tank yang dipasok oleh sekutu ke Ukraina akan dihancurkan di medan perang.

Sementara itu, tentara Rusia meluncurkan 21 serangan udara dan lima serangan rudal melintasi garis depan, serta 27 serangan dari sistem salvo roket peluncuran ganda, menurut pernyataan Staf Umum Ukraina.

Lusinan pemukiman sipil di wilayah Zaporizhzhia dan Kherson dibombardir. Bentrokan di Donbas meningkat, tetapi keunggulan Rusia dalam jumlah pejuang dan senjata menghadapi keunggulan Ukraina dalam profesionalisme komando militer dan keberanian para prajurit, kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malyar di Telegram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement