Advertisement

Xiaomi Bakal Produksi Massal Mobil Listrik Canggih Mulai 2024

Anshary Madya Sukma
Selasa, 14 Februari 2023 - 23:07 WIB
Sunartono
Xiaomi Bakal Produksi Massal Mobil Listrik Canggih Mulai 2024 Ilustrasi kendaraan listrik. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perusahaan teknologi China yang terkenal dengan ponsel dan elektronik lainnya, Xiaomi, tengah mengembangkan mobil listrik jenis yang akan diproduksi massal pada 2024.

Dilansir dari Gizmochina pada Selasa (14/2/2023), tim penelitian dan pengembangan mobil Xiaomi telah berkembang menjadi lebih dari 2.300 anggota hingga saat ini untuk mengejar debut produksi massal resminya pada kuartal I/2024.

Advertisement

CEO Xiaomi Lei Jun menekankan berkendara secara otonom atau self driving adalah aspek penting dari langkah Xiaomi dalam industri otomotif. Oleh sebab itu, lebih dari 140 kendaraan dijadwalkan akan menjalani pengujian pada tahap pertama untuk sistem berkendara otonom tersebut.

BACA JUGA : Xiaomi Dikabarkan Sedang Kembangkan Mobil Listrik

Dalam hal profitabilitas, Lei Jun menyatakan Xiaomi memprioritaskan keuntungannya pada perangkat lunak. Hal ini mirip dengan meraup keuntungan ketika memasarkan ponsel pintar mereka.

Ke depan, mobil buatan Xiaomi ini akan menghadirkan teknologi canggih yang dapat mengintegrasikan berbagai layanan, serta purna jual.

Xiaomi sendiri telah mendirikan fasilitas mobilnya sendiri di Yizhuang Beijing, yang menampung kantor pusat penjualan dan R&D. Mereka berencana untuk membangun pabrik dengan kapasitas produksi tahunan sebanyak 300.000 unit. Xiaomi juga telah menggelontorkan investasi sebanyak US$10 miliar atau setara dengan Rp151 triliun untuk pengembangan mobil listrik baru selama 10 tahun.

Sebelumnya, tampilan mobil listrik Xiaomi sempat bocor ke publik pada akhir Januari 2023. Desain sedan ini cukup gagah dengan lekukan mobil aerodinamis, yang ditambah ventilasi belakang fender depan dan belakang sporty.

Adapun, publik menilai mobil listrik milik perusahaan teknologi China itu tampak meminjam beberapa elemen dari desain mobil sport yang sudah meluncur sebelumnya. Di depan, lampu depan dan bentuk bumper keseluruhan sangat mirip McLaren dan bagian belakang berjenjang dengan palang lampu belakang lebar penuh nampak seperti Aston Martin DBS.

BACA JUGA : Sudah Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi Xiaomi Redmi 10 5G

Bahkan, rodanya sekilas mirip dengan Lamborghini Huracan Evo. Kemudian, sensor Lidar yang dipasang di atap dan gagang pintu flush menegaskan bahwa mobil ini penuh teknologi masa depan yang diprediksi akan mencapai sistem mengemudi otonom.

Namun, Xiaomi masih belum menjelaskan spesifikasi untuk mobil listriknya, akan tetapi menurut laporan media lokal China, mobil itu akan menggunakan baterai yang dipasok oleh CATL dan BYD, sementara motor listriknya akan dibuat sendiri oleh Xiaomi.

Mobil ini juga sangat mungkin akan bersaing dengan mobil seperti Sony dan sedan Afeela Honda atau kendaraan listrik lain yang dikembangkan sebagian oleh perusahaan teknologi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement