Advertisement

Catat! Ini Makanan yang Harus Dihindari Selama Hamil

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 22 Februari 2023 - 06:57 WIB
Sunartono
Catat! Ini Makanan yang Harus Dihindari Selama Hamil Beberapa studi telah menunjukkan bahwa setelah diet vegan selama kehamilan dapat membantu mencegah kerusakan DNA pada kehamilan dan mengurangi risiko bayi atas masalah perkembangan tertentu. - Unicef

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kehamilan merupakan suatu anugrah yang diberikan oleh Tuhan. Kenali beberapa makanan yang menjadi pantangan ibu hamil, untuk menjaga kesehatan janin bayi.

Makanan sehat seperti sayuran buah buahan, yang memiliki kandungan serat yang tinggi serta vitamin yang terkandung sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama saat kehamilan. Pentingnya untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan bayi yang terkandung serta pentingnya untuk menghindari makanan yang tidak sehat salah satunya adalah:

Advertisement

Makanan laut bermerkuri tinggi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi, khususnya saat hamil. Sebab, ini sangat membahayakan otak anak. Pilihlah ikan salmon dan ikan teri memiliki EPA dan DHA Omega-3 nutrisi ini sangat membantu terhadap perkembangan otak bayi. 

Simak makanan yang  dihindari saat hamil :

1. Telur mentah 

Telur mentah terdapat banyak bakteri yang membahayakan, oleh karena itu wanita yang hamil dilarang mengkonsumsi makanan mentah seperti telur untuk menghindari dari berbagai macam penyakit.

Umumnya memasak telur yang baik hingga warna putih dan kuning nya mengeras, karena di dalam telur terdapat protein tinggi, serta asupan kolin yang tinggi. Untuk membantu memenuhi kesehatan tubuh dan bayi saat masa kehamilan disarankan untuk mengkonsumsi 2 butir telur setiap hari. 

2. Keju yang tidak dipasteurisasi

Menurut CDC, memakan keju lunak selama kehamilan berisiko terkena Listeria yang dapat menyebabkan kematian terutama bagi bayi yang baru lahir. Listeria dikaitkan dengan keju yang tidak dipasteurisasi, untuk itu lebih baik mengkonsumsi keju yang lebih keras seperti Cheddar dan Swiss. 

3. Alkohol 

Meminum alkohol selama hamil dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, dan cacat fisik, perilaku, dan intelektual. Untuk menghindari terjadinya lebih baik untuk tidak mengkonsumsi, sebagai gantinya anda dapat minum teh atau air jeruk untuk tetap menyegarkan tanpa perlu takut kesehatan akan ibu dan bayinya. 

4. Kombucha

Kombucha memiliki manfaat bagi pencernaan, tetapi ibu hamil dilarang mengkonsumsi kombucha karena sering kali tidak dipasteurisasikan, yang artinya mengandung bakteri berbahaya. Selain itu Kombucha juga mengandung alkohol rendah yang dilarang untuk ibu hamil. 

5. Daging deli

Daging deli merupakan daging olahan yang biasanya digunakan sebagai isian dalam sandwich. Selama kehamilan mengkonsumsi daging deli dibatasi, karena berisiko Listeria karena daging tersebut mengandung nitrat.

Nitrat yang terkandung dalam daging merah untuk membantu menjaga kesegaran dan mempertahankan warnanya. Hal ini nitrat berbasis hewani dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

6. Kecambah 

Tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab ini menjadikannya tempat berkembangbiak kuman bawaan makanan seperti Listeria, Salmonella, dan E.coli. Wanita hamil jauh lebih rentan terhadap bakteri yang biasanya tumbuh pada kecambah. Hal itu untuk dapat mengkonsumsi kecambah harus dimasak hingga matang untuk membantu menghilangkan bakteri yang membahayakan ibu hamil. 

7. Daging mentah 

Daging mentah sumber wabah E. coli bahkan infeksi E.coli yang menyebabkan demam, sakit perut, dan diare. Memakan daging mentah dapat menyebabkan kesehatan pada bayi dan lahirnya bayi prematur serta infeksi darah pada kehamilan.

8. Ikan mentah 

Bukan hanya telur dan daging mentah yang membahayakan tetapi ikan mentah juga termasuk makanan yang membahayakan bagi ibu hamil karena mengandung bakteri parasit seperti Salmonella dan Vibrio. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsinya secara matang agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement