Advertisement

Badai Siklon Tropis 98S Berada di Laut Timur, Indonesia Beri Pesan Australia

Annisa Sulistyo Rini
Minggu, 09 April 2023 - 06:47 WIB
Sunartono
Badai Siklon Tropis 98S Berada di Laut Timur, Indonesia Beri Pesan Australia Ilustrasi Siklon Tropis - BMKG

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan pengumuman mengenai potensi tinggi siklon tropis 98S di wilayah tanggung jawab Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Australia. Mengingat ada potensi dampak dalam kurun waktu 24 hingga 36 jam ke depan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan berdasarkan analisis terbaru saat ini sistem 98S berada di sekitar Laut Timur sebelah barat daya Saumlaki, tepatnya di koordinat 9.8⁰ LS 129.7⁰ BT dan masih berada di area tanggung jawab TCWC Jakarta. Kecepatan angin maksimum di sekitar sistem BMKG mencapai 30 knot atau 56 km/jam, sementara tekanan rendah di sekitar pusat sistemnya mencapai 1.003 mb.

Advertisement

"Sistem 98S bergerak ke arah barat daya dan memiliki peluang kategori tinggi untuk menjadi siklon tropis di wilayah tanggung jawab TCWC Australia dalam 24 - 36 jam ke depan," ujar Dwikorita dalam konferensi pers, Sabtu (8/4/2023).

Dampak yang mungkin terjadi dalam 24 jam ke depan akibat siklon tropis tersebut antara lain adanya hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua. Selain itu angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Kemudian gelombang tinggi 1.25 - 2.5 meter di Laut Flores, Perairan Kep. Selayar, Perairan Baubau, Kep. Wakatobi, Laut Seram, Perairan Fakfak dan Kaimana, Laut Banda, Perairan Selatan, Kep. Kai - Kep. Aru dan Laut Arafuru bagian tengah dan timur. "Ada juga gelombang tinggi 2.5 - 4.0 meter di Perairan Kep. Sermata - Kep. Letti - Kep. Babar dan Laut Arafuru bagian barat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement