Advertisement

Data Palsu Vaksin Covid-19, Polisi Gerebek Rumah Mantan Presiden Brasil

Szalma Fatimarahma
Rabu, 03 Mei 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Data Palsu Vaksin Covid-19, Polisi Gerebek Rumah Mantan Presiden Brasil Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menghadiri upacara penghibaran bendera di luar Istana Alvodara di Brasilia, Brasil. (18/7/2020). Bloomberg - Andre Borges

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pihak kepolisian Brasil menggerebek rumah mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro di Brasilia pada Rabu (3/5/2023). Penggerebekan itu menjadi bagian dari tahap penyelidikan terhadap kelompok yang diduga menambahkan data vaksin palsu ke dalam basis data Covid-19 milik pemerintah.

Selain Bolsonaro, polisi federal Brasil turut mengamankan dua asisten rumah tangga (ART) mantan presiden Brasil itu, yaitu Mauro Cid dan Max Guilherme terkait dengan penyelidikan data vaksin palsu.

Advertisement

BACA JUGA: Nahas! Tertimpa Boks Ayam dari Truk yang Terguling, Pejalan Kaki Meninggal Dunia

Sementara itu, satu hari sebelum penggerebekan dilangsungkan, pihak kepolisian menyebut bahwa mereka telah melayani 16 surat perintah penggeledehan dan penyitaan, serta enam surat perintah penangkapan preventif di Brasilia dan Rio de Janeiro sebagai bagian dari operasi.

Mereka menduga bahwa data vaksin palsu itu ditambahkan ke basis data pemerintah pada sekitar November 2021 hingga Desember 2022 atau ketika Balsonaro masih menjabat sebagai Kepala Negara. “Akibatnya mereka dapat mengeluarkan sertifikat vaksin dan menggunakannya untuk menghindari pembatasan yang diberlakukan oleh otoritas publik di Brasil dan Amerika Serikat (AS),” ujar polisi federal Brasil seperti dikutip dari Reuters, dan dikutip Bisnis.com, (jaringan Harianjogja.com) Rabu (3/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement