Advertisement

Presiden Jokowi Mau Kunjungan Kerja, Mengecek Jalan Viral di Lampung

Akbar Evandio
Kamis, 04 Mei 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Presiden Jokowi Mau Kunjungan Kerja, Mengecek Jalan Viral di Lampung Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/10 - 2020) / Youtube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Jalan viral di Lampung bakal dicek langsung Presiden Jokowi dalam agenda kunjungan kerjanya ke provinsi itu, Jumat (5/5/2023).

“Ke lampung? Ya besok. [Jalannya] pagi-pagi benar,” katanya saat ditemui di Gedung Sarinah, Kamis (4/5/2023).

Advertisement

Dia melanjutkan bahwa tak hanya Lampung, tetapi Pemerintah dalam beberapa waktu ke belakang telah mendulang data mengenai jalan-jalan penghubung antarkota, kabupaten, dan Provinsi yang mengalami rusak berat.

“Ndak gini jadi ini kami baru mengumpulkan data-data jalan jalan Kabupaten/Kota dan Provinsi yang rusak parah, karena anggaran yang ada di sana tidak banyak diarahkan kepada infrastruktur,” tuturnya.

Dia melanjutkan bahwa jalan penghubung merupakan infrastruktur penting, khususnya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah sehingga diharapkannya setiap kepala daerah tak abai terhadap hal tersebut.

BACA JUGA: Digulung Indonesia, Myanmar Akui Garuda Nusantara Tim Terkuat di Grup A

“Padahal, [jalan] itu penting sekali, begitu rusak akan mengganggu yang namanya mobilitas orang dan barang, sehin biaya logistik akan naik sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan daerah lain dan Negara lain,” katanya.

Selain itu, dia mengamini bahwa rencananya mengunjungi Lampung adalah untuk membuktikan jalan viral di Lampung dari video berjudul Alasan Lampung Enggak Maju-Maju yang diunggah akun TikTok @awbimaxreborn menjadi viral. Diketahui pemilik pengunggah video itu, Bima Yudho Saputro kini sedang kuliah di Australia.

“Ini kita harus mengetahui manfaat infrastruktur ada di sana. Dan, saya memang mau memastikan dan melihat betul apakah yang ada di video di media sosial itu benar atau tidak,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, dalam unggahan akun TikTok @awbimaxreborn, Bima memberikan beberapa alasan yang menurutnya menjadi faktor Lampung tidak maju. Salah satunya banyak proyek di Lampung yang mangkrak seperti Kota Baru. Padahal proyek tersebut telah menghabiskan dana pemerintah miliaran rupiah.

Tak hanya itu, seorang Advokat dan Penasehat Hukum, Ghinda Ansori Wayka-Thamaroni Usman melaporkan Bima ke Polda Lampung atas dugaan penyebaran konten hoaks. Keluarga Bima juga diduga diintimidasi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa orang nomor satu di Indonesia tersebut akan meninjau sebanyak 3 titik ruas jalan yang dikabarkan rusak.

“Ya besok, hari Rabu (3/5/2023) besok rencananya mau ke sana Lampung. Jadi, [Presiden akan tinjau] ruas-ruas jalan daerah, bukan nasional yang dikeluhkan oleh masyarakat segara kami lihat. Ditinjau, nanti kalau bisa kita kerjakan segera kami kerjakan,” tuturnya saat dikonfirmasi wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (2/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement