Advertisement

Viral Mobil Jokowi Nyangkut di Jalan Rusak Lampung, Benarkah?

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 05 Mei 2023 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Mobil Jokowi Nyangkut di Jalan Rusak Lampung, Benarkah? Konfirmasi Istana soal Mobil Jokowi Nyangkut Lewati Jalan Rusak di Lampung. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek langsung kondisi infrastruktur jalan yang mengalami rusak parah di Provinsi Lampung dalam kunjungan kerja (kunker) pada hari ini, Jumat (5/5/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Foto-foto dan video Presiden Joko Widodo meninjau infrastruktur jalan di Lampung terus berseliweran di media sosial. Bahkan santer dikabarkan bahwa mobil mewah RI 1 sempat nyangkut saat menyusuri jalan rusak di provinsi tersebut. 

Namun benarkah demikian?

Advertisement

Saat pengecekan jalan tepatnya di jalan terusan Ryacudu, Desa Bandar Agung, Lampung Selatan, mobil sedan Presiden Jokowi beserta rombongan melintasi jalanan yang rusak. Sepanjang jalan hanya lubang serta kubangan air yang ada. 

Dari video yang beredar, mobil presiden tiba-tiba berhenti dan warga mengira mobil mewah berwarna hitam tersebut menyangkut di lubang jalan. Jokowi terlihat sempat membuka pintu mobilnya untuk melihat kondisi jalan rusak. Momen Jokowi membuka pintu itu berlangsung tidak lama dan kembali menutup pintu mobilnya kembali.

Akibat peristiwa itu, iring-iringan kendaraan Presiden pun terhenti. Dalam video itu pun terdengar suara masyarakat meminta maaf atas kondisi jalan tersebut.

Baca juga: Prediksi Jusuf Kalla Soal Capres: Pilpres 2024 Diikuti 3-4 Capres

“Wah, bagaimana itu? Nyangkut ya pak? Mobil Bapak nyangkut itu. apalagi kita pak, setiap hari lewat di sini. Nyangkut ya Pak mobilnya, maaf ya Pak jalannya jelek," ujar warga dalam video tersebut, Jumat (5/5/2023).

Namun pihak Istana Kepresidenan memastikan bahwa mobil yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyangkut di lubang jalan rusak saat meninjau kondisi infrastruktur penghubung tersebut di Provinsi Lampung.

Deputi Bidang Protokoler, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebut bahwa mobil ber plat ‘Indonesia 1’ itu memang bergerak sangat perlahan mengingat kondisi jalan yang terlihat rusak parah.

“Tidak nyangkut sama sekali. Enggak, [tetapi] mobil berjalan pelan karena [jalan] berlubang jadi pelan-pelan,” ujar Bey melalui pesan teks, Jumat (5/5/2023).

Respons Jokowi

Setelah melakukan pengecekan jalan rusak di Lampung, Presiden Jokowi mencuitkan sebuah pesan di Twitternya. Presiden menegaskan bahwa infrastruktur jalan sangat penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang.

Untuk itu, ia meminta warga Indonesia melaporkan adanya jalan rusak melalui kolom komentarnya.  "Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Twitter ini," pesan presiden. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com, Twitter

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement