Advertisement

Indomie Ayam Spesial Dinyatakan Aman di Malaysia

Newswire
Rabu, 10 Mei 2023 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Indomie Ayam Spesial Dinyatakan Aman di Malaysia Indomie Rasa Ayam Spesial - ist - indomie.com

Advertisement

Harianjogja.com, KUALA LUMPURIndomie Rasa Ayam Spesial dinyatakan aman untuk dikonsumsi di Malaysia. Sebelumnya Indomie varian ini ditarik dari peredaran di Taiwan.

Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) menyatakan mi instan asal Indonesia Indomie Rasa Ayam Spesial, yang sebelumnya dilarang beredar terkait kandungan Etilen oksida (EtO), mematuhi hukum dan aman untuk dikonsumsi.

Advertisement

Pernyataan serupa diterapkan pada Kari Putih Penang Ah Lai Penang.  Kedua produk itu sempat diperintahkan ditarik dari peredaran di Malaysia setelah di dalamnya ditemukan kandungan zat pemicu kanker atau zat karsinogenik oleh Departemen Kesehatan Taipei Taiwan.

Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Muhammad Radzi Abu Hassan, melalui pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu, mengatakan KKM mengonfirmasi bahwa produk tersebut mematuhi hukum yang ditetapkan dan aman dikonsumsi.

BACA JUGA: Indomaret Buka Layanan Lantatur Pertama di Jogja

Ketetapan itu diambil berdasarkan hasil analisis laboratorium yang dilakukan pada sampel kedua mi instan tersebut, menurut Muhammad.

Untuk makanan yang diimpor, kata Dirjen, KKM Malaysia melaksanakan enam tahap pemeriksaan di pintu masuk berdasarkan tingkat risiko.

Pada pemeriksaan tahap lima, yaitu tahan, uji, dan lepas (TUL), ia mengatakan produk makanan yang masuk ke Malaysia akan ditahan dan dianalisis terlebih dulu. Hanya produk makanan yang mematuhi standar yang boleh diedarkan.

Sementara itu untuk periode 2022 hingga April 2023, diungkapkan bahwa sebanyak 317 pengambilan sampel untuk tujuan TUL telah dilakukan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 37 sampel atau 11,67% merupakan pengambilan sampel untuk produk instan dari berbagai merek untuk parameter Etilen oksida.

KKM menegaskan bahwa produk yang ada di pasar lokal telah melalui prosedur yang ditetapkan dan aman.

Otoritas kesehatan Kota Taipe, Taiwan, melakukan pelarangan terhadap dua mi instan itu, salah satunya Indomie Rasa Ayam Spesial pada 24 April 2023, terkait dengan adanya EtO dalam bumbu mi instan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bupati, Wakil Bupati hingga Lurah Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada 2024 di Kantor PDIP Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement