Advertisement

Pemda DIY harap Desa Wisata Wukirsari menambah daya tarik pariwisata

Newswire
Senin, 29 Mei 2023 - 08:27 WIB
Jumali
Pemda DIY harap Desa Wisata Wukirsari menambah daya tarik pariwisata Batik lukis wajah Akhyar Muzaki asal Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul - Harian Jogja/Jumali\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemda DIY berharap, Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul dapat menambah daya tarik pariwisata Yogyakarta setelah ditetapkan sebagai Desa Wisata Terbaik oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

BACA JUGA: Wukirsari Masuk 75 Desa Wisata Terbaik Nasional, Ini Kelebihannya

Advertisement

"Ini akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dan betul-betul akan menjadi daya tarik pariwisata khusus di Bantul dan umumnya di Jogja maupun Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo di Bantul, Minggu (28/5/2023).

Pemda DIY bersama pemerintah kabupaten setempat akan memberikan dukungan pengembangan kawasan Desa Wisata Wukirsari dan memfasilitasi promosi agar makin dikenal wisatawan lebih luas.

"Tentu kami akan memberikan 'support' (dukungan) dan mari kita gelorakan bersama sehingga masyarakat Wukirsari dan Bantul dan DIY bangkit, semangat, untuk kemudian menjadikan pariwisata sebagai lokomotif untuk pergerakan ekonomi yang menyejahterakan," katanya.

Desa Wukirsari di Imogiri, Kabupaten Bantul selain mempunyai potensi keindahan alam juga sentra kerajinan batik tulis yang tepatnya di Kampung Giriloyo. Sebagian besar warga setempat bekerja sebagai perajin batik.

Pengelola Desa Wisata Wukirsari Nur Rahmadi mengatakan pandemi Covid-19 berdampak bagi kunjungan tamu ke kampung batik Giriloyo.

Dia menyebut kunjungan wisata di sentra batik Giriloyo Wukirsari pada 2020 sekitar 4.000 orang, turun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya sekitar 29.000 orang. Hal itu, karena kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat.

Akan tetapi, pihaknya bersama dengan seluruh anggota yang 80 persen didominasi perempuan terus mencoba bangkit hingga pada 2022 kunjungan ke Wukirsari sekitar 24.000 orang.

"Kami harap tahun ini Desa Wisata Wukirsari dapat meningkat kunjungan wisata, apalagi dengan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia, akan menambah catatan prestasi Desa Wukirsari, baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement