Advertisement

Pesan Kemenag untuk Calon Jemaah Haji Lansia

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Senin, 29 Mei 2023 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pesan Kemenag untuk Calon Jemaah Haji Lansia Petugas imigrasi tengah memeriksa paspor milik salah satu calon jemaah haji di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Selatan, Senin (29/5/2023). Sebanyak 5.430 jemaah dijadwalkan akan berangkat dari embarkasi Balikpapan pada masa ibadah Haji 2023. - BISNIS / Lorenzo A. Mahardhika

Advertisement

Harianjogja.com, BANJARMASIN—Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan para calon jemaah haji lanjut usia (lansia) untuk terus memperhatikan kesehatannya selama masa ibadah Haji 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie saat memberikan sambutan dalam Acara Pelepasan Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan 2023 di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan, Senin (29/5/2023).

Advertisement

Anna memaparkan, jemaah memerlukan kondisi fisik yang prima dan optimal saat menunaikan ibadah haji.

Oleh karena itu, dia meminta jemaah untuk memperhatikan kesehatannya selama perjalanan, di Arab Saudi, hingga kembali lagi ke Indonesia. Apalagi, kondisi cuaca di Tanah Suci saat ini jauh lebih panas dibandingkan dengan di Indonesia.

Dia juga mengatakan, jumlah jemaah lanjut usia atau lansia pada 2023 lebih tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Anna meminta seluruh jemaah lain untuk turut peduli dan memperhatikan kondisi jemaah lansia lain dalam kelompok ibadahnya.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Lengkap Keberangkatan Jemaah Calon Haji DIY

"Kami Kementerian Agama juga berkomitmen memberikan layanan terbaik buat seluruh jemaah, termasuk untuk jemaah lansia," katanya.

Dia juga menginstruksikan pada seluruh petugas terkait untuk memberikan perhatian khusus pada jemaah lansia. Selain itu, petugas juga diharapkan lebih ramah dalma melayani jemaah-jemaah lanjut usia.

Anna mengimbau para jemaah untuk tidak memaksakan diri dalam beribadah. Hal ini terutama jika jemaah sedang berada dalam kondisi yang kurang sehat.

Jemaah haji yang memiliki keluhan atau merasa sakit dapat langsung menghubungi petugas-petugas yang tersedia. "Pemerintah sudah menyiapkan petugas untuk memberikan layanan kesehatan. Jangan sungkan untuk bertanya atau konsultasi jika ada keluhan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement