Advertisement

Remaja Asal Sleman Promosikan Wisata dan UMKM DIY pada Ajang Miss Teen International 2024

Abdul Hamied Razak
Rabu, 21 Juni 2023 - 01:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Remaja Asal Sleman Promosikan Wisata dan UMKM DIY pada Ajang Miss Teen International 2024 Kirana Aulia Meisya Miss Pre Teen Star Indonesia 2023. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mewakili Indonesia dalam ajang Miss Teen International 2024 di Thailand, Kirana Aulia Meisya akan membawa misi mempromosikan budaya dan pariwisata serta produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di DIY.

Kiran menjadi wakil kompetisi bergengsi kelas dunia ini dengan melalui proses yang cukup panjang. Setelah berhasil menjuarai ajang Miss Pree Teen DIY 2022, Kiran kemudian melaju ke jenjang The Star Indonesia 2023 yang sudah dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2023 lalu.

Advertisement

BACA JUGA: Rabu Pon, 21 Juni 2023, Jokowi Ulang Tahun ke-62

Dalam kompetisi tersebut, remaja putri berusia 14 tahun ini menjalani rangkaian kegiatan dan karantina untuk bersaing dengan 30 Finalis dari seluruh Indonesia. Perjuangan Kiran membawa nama DIY dan dinobatkan sebagai juara 1 dengan gelar Miss Pre Teen Star Indonesia 2023.

“Sebagai Miss Pre Teen Star Indonesia 2023 saya akan turut aktif dalam kegiatan yang positif dan bermanfaat. Seperti apa yang sudah saya lakukan, berkunjung ke UMKM dan mempromosikan produk UMKM melalui media sosial,” ungkap Kiran di RM Pringsewu, Sendangadi, Mlati, Sleman, Selasa (20/6/2023).

Pada ajang Miss Teen International 2024 mendatang, Kiran akan bersaing dengan peserta dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Dia akan mengenalkan budaya dan pariwisata Indonesia khususnya di DIY. Ia mengaku bangga menjadi pelajar Sleman dan berencana meminta doa restu Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

“Untuk itu saya mohon doa restu kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat DIY agar saya dapat menampilkan yang terbaik,” ucap Siswa kelas 8 SMP Angkasa Adisucipto itu.

Menurut Kiran, budaya dan pariwisata serta UMKM Indonesia, khususnya DIY perlu dibawa dalam gelaran Miss Teen International 2024. Alasannya, even tersebut bukan sekadar kontes kecantikan dan ajang pencarian bakat semata, melainkan juga sebagai sarana untuk mempromosikan potensi negara masing-masing para pesertanya.

“Saya berharap apa yang saya lakukan selaras dengan program pemerintah untuk meningkatkan kunjungan pariwisata ke Indonesia, karena kunjungan wisatawan ini berkaitan dengan perekonomian masyarakat terutama pelaku UMKM,” harap Kiran.

Orangtua Kiran, Herti Megasari, 34 menjelaskan sedianya even tersebut bakal dilangsungkan pada akhir tahun 2023. Namun pihak penyelenggara dari Thailand mengajukan pemunduran waktu pelaksanaan. Kiran bersama Tim dan para mentornya di Asmat Pro Group Jogja sudah melakukan berbagai persiapan.

"Penilaian dalam Miss Teen International 2024, tidak hanya dilihat dari performa (penampilan) semata, melainkan berbagai aspek, termasuk intelektual dan sosial pesertanya," katanya.

Oleh karenanya, Kiran menjalani pelatihan-pelatihan khusus seperti pigeons class, english public speaking, international knowlage, dan pengetahuan muatan lokal termasuk mendalami tarian Jawa Jogja serta aktif mengikuti berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Rencananya, pada Agustus mendatang Kiran juga dijadwalkan mengikuti coaching clinic bersama Putri Indonesia 2004, Artika Sari Devi dan Putri Indonesia 2013, Whulandary Herman,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo dari Stasiun Tugu Jogja, Minggu 5 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement