Advertisement

Satelit SATRIA-1 Meluncur, Erick Thohir: Penting untuk Ekonomi Digital

Media Digital
Rabu, 21 Juni 2023 - 12:27 WIB
Sunartono
Satelit SATRIA-1 Meluncur, Erick Thohir: Penting untuk Ekonomi Digital Erick Thohir / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Terutama untuk pemerataan akses internet, termasuk dalam mengembangkan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T).

"Ini penting untuk masa depan Indonesia yang memiliki potensi besar dalam pembangunan ekonomi digital. Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Indef Ingin Kantor Pusat Perusahaan BUMN Disebar

peluncuran satelit SATRIA-1 dilakukan di Florida, Amerika Serikat, pada 19 Juni 2023. Diluncurkan menggunakan roket Folcon milik SpaceX, nantinya satelit ini akan mengorbit di atas Papua. Diperkirakan satelit ini mulai berfungsi pada Januari 2024. 

Satelit SATRIA-1 adalah satelit internet pertama milik Indonesia. Satelit ini memiliki kapasitas 150 Gbps yang menyediakan layanan internet di 50.000 titik fasilitas publik. Kecepatan internet di setiap titik layanan publik itu diproyeksikan mencapai 4 Mbps.

BUMN PT Surveyor Indonesia berkontribusi sebagai pengawas dalam proyek satelit multifungsi ini mulai dari tahap desain, pembangunan, serta operasional. Keterlibatan BUMN, kata Erick, untuk mendukung perkembangan infrastruktur Indonesia, khususnya di sektor elekomunikasi.

BACA JUGA : Ribuan Lowongan BUMN Dibuka di 120 Perusahaan

Satelit Satria-1 ini akan mendukung jaringan komunikasi bagi daerah-daerah yang selama ini tak terjangkau jaringan kabel optik. Dengan begitu, kesenjangan akses internet, terutama bagi daerah terluar dan terpencil, dapat teratasi.  "Bismillah kita jadikan Indonesia maju, makmur dan mendunia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kepala BKKBN: Remaja Butuh Sex Education, Bukan Tentang Hubungan Seksual Tapi Soal Reproduksi Sehat

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement