Advertisement

Tenda Terbatas, Jemaah Haji Perempuan Sampai Gelar Kasur di Dekat Toilet

Akbar Evandio
Jum'at, 30 Juni 2023 - 17:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tenda Terbatas, Jemaah Haji Perempuan Sampai Gelar Kasur di Dekat Toilet Jamaah calon haji berusaha memegang pintu Kabah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (13/6/2023). ANTARA FOTO - Wahyu Putro A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengungkap bahwa dari laporan para jemaah haji Indonesia, fasilitas toilet bermasalah dan tenda juga sesak. Kondisi itu hingga mengakibatkan beberapa perempuan tidur dengan menggelar kasur di samping toilet. 

Ia mengakui pemondokan jemaah haji Indonesia di sejumlah Maktab yang ada di Mina cukup terbatas. Politisi Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan pemandangan miris menyambut rombongan saat mengecek toilet perempuan.

Advertisement

Di samping toilet ada sejumlah jemaah haji perempuan yang menggelar kasur dan tidur di sana. Saat dihampiri dan ditanya, mereka mengatakan tak kebagian tidur di dalam tenda. Sejak semalam para jemaah perempuan ini tidur di samping toilet. 

Dasco mengatakan perlu ada perbaikan pengelolaan haji di masa depan. Apalagi, ada juga jemaah yang mengadukan belum mendapat jatah makanan sejak Rabu (28/6/2023) malam. 

Baca juga: Berkat Sumur Bor, Warga Gedangsari Terbebas dari Krisis Air saat Kemarau

"Saya melihat bahwa karena jemaah Indonesia itu banyak sekali, dan juga fasilitas yang ada di sini memang terbatas, saya lihat petugas-petugas kita walaupun sudah bekerja dengan baik, Kementerian Agama juga sudah menjalankan fungsinya, tetapi saya rasa ada baiknya di tahun-tahun mendatang ditangani oleh yang lebih profesional agar segala sesuatu yang belum sempurna bisa disempurnakan," katanya lewat rilisnya, Jumat (30/6/2023). 

Dasco menegaskan sejumlah hal yang menjadi temuan Timwas Haji DPR menurut Dasco akan dbahas setelah kembali ke Jakarta. Saat ini Tim Pengawas Haji masih melakukan pengawasan-pengawasan untuk menginventarisasi lebih banyak lagi temuan untuk bahan evaluasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : b

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement