Advertisement

Pesawat Lion Air Makassar-Surabaya Putar Balik Setelah 37 Menit Terbang

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Jum'at, 14 Juli 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pesawat Lion Air Makassar-Surabaya Putar Balik Setelah 37 Menit Terbang Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pesawat Lion Air bernomor JT-803 rute penerbangan Makassar-Surabaya harus putar balik ke bandara asal (return to base) karena mengalami gangguan pada salah satu komponennya.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pesawat tersebut membawa 110 penumpang serta 7 awak pesawat. Pesawat tersebut lepas landas pada pukul 19.53 WITA.

Advertisement

Danang memaparkan, setelah 37 menit mengudara di ketinggian 28.000 kaki, pilot memutuskan untuk kembali ke bandara asal di Bandara Sultan Hasanuddin. Keputusan tersebut diambil oleh pilot berdasarkan indikator yang muncul pada kokpit pesawat yang menunjukkan kemungkinan adanya gangguan pada salah satu komponen tertentu. 

Dia mengatakan, sebelum mengambil keputusan, pilot telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap standar operasional prosedur dan tetap berpegang pada prinsip bahwa keputusan harus didasarkan pada keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Baca juga: Paku Alam X Diusulkan Jadi Calon Penerima Satyalancana dari Presiden

“Lion Air menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada semua penumpang yang terdampak atas ketidaknyamanan ini,” kata Danang dalam keterangan resminya, Kamis (13/7/2023).

Adapun, dia mengatakan pesawat tersebut telah mendarat dengan aman dan normal di Bandara Sultan Hasanuddin. Setelah pesawat berada di area parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan menuju ruang tunggu untuk mendapatkan pelayanan dan informasi lebih lanjut.

Lion Air telah menyiapkan pesawat pengganti yang telah berada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, yaitu Boeing 737-900ER dengan registrasi PK-LSF. Setelah proses persiapan keberangkatan dilakukan dengan benar, 110 penumpang diarahkan menuju pesawat pengganti tersebut. 

Penerbangan pesawat JT-803 kemudian melanjutkan perjalanan pada pukul 21.43 WITA dan telah mendarat secara aman di Bandara Juanda pada pukul 21.50 WIB.

Danang melanjutkan, tim teknisi Lion Air tengah melakukan pemeriksaan mendetail pada pesawat registrasi PK-LJQ untuk memastikan dari indikator tersebut. Lion Air mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang. “Proses pemeriksaan ini harus dilakukan dengan teliti dan memenuhi semua standar keselamatan yang berlaku,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Habiskan 1300 Liter Pestisida, Penanganan Wereng Kulonprogo Ditambah Rp400 Juta

Kulonprogo
| Kamis, 09 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Penginapan Jepang Punya Promo Murah Menginap Per Malam Hanya Rp10 Ribu, Ini Syaratnya

Wisata
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement