Advertisement

ASEAN Rural Culture Expo Angkat Keunggulan Desa-Desa

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 27 Juli 2023 - 03:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
ASEAN Rural Culture Expo Angkat Keunggulan Desa-Desa Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam pembukaan ASEAN Rural Culture Expo di Tebing Breksi, Sleman, Rabu (27/7/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—ASEAN Rural Culture Expo digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di objek wisata Tebing Breksi, Sleman, Rabu (26/7/2023).

Acara yang menggandeng Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) ini menampilkan beragam produk potensi desa dari berbagai perwakilan negara-negara ASEAN. Di Jogja, Bank BPD DIY ditunjuk sebagai wakilnya.

Advertisement

Tak sebatas desa, ditampilkan juga produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal Indonesia dalam acara ASEAN Rural Culture Expo.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menuturkan pameran produk-produk desa dari negara-negara ASEAN bisa meningkatkan kualitas kerja sama, utamanya di kawasan pedesaan.

“Jika seluruh jaringan antar negara-negara ASEAN tersebut baik maka pencapaian pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia antar desa di kawasan ASEAN akan mampu bersinergi secara berkelanjutan. Sebab kunci pertumbuhan ekonomi dan SDM ada pada wilayah perdesaan,” kata Halim, Rabu.

Soal pengembangan dan penguatan desa wisata misalnya, itu semua juga menjadi bagian dari keberlanjutan maupun capaian 0% kemiskinan ekstrem. Baginya, pemeliharaan atas keberhasilan 0% terhadap kemiskinan ini salah satunya juga dengan keberadaan desa wisata dan juga pemanfaatan dana desa untuk padat karya tunai desa.

Selain dana desa padat karya tersebut, dirinya juga memperhatikan betapa pentingnya dari peran keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Ia menilai peranan Bumdes untuk keberlanjutan serta mempertahankan pencapaian 0% kemiskinan ekstrem tersebut.

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad menyatakan DIY memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan sehingga BPD DIY berupaya mencapai target yang diinginkan Gubernur DIY mengenai pertumbuhan ekonomi yang didorong dari geliat ekonomi kawasan pedesaan.

"Dalam hal ini desa banyak memberikan peranan yang besar dan banyak. Justru ini merupakan strategi bagaimana One Village One Product [OVOP] mesti didukung dengan salah satunya teknologi, khususnya dalam pengembangan pemasaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Disperindag DIY Gelar Pasar Murah di Banyuroto Kulonprogo

Kulonprogo
| Selasa, 07 Mei 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement