Advertisement

Indosat Dukung dan Maksimalkan Potensi Pariwisata Lewat Rangkaian SheHacks 2023 di Magelang

Media Digital
Minggu, 30 Juli 2023 - 11:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Indosat Dukung dan Maksimalkan Potensi Pariwisata Lewat Rangkaian SheHacks 2023 di Magelang Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menghadirkan lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi sebagai rangkaian SheHacks 2023 yang untuk pertama kalinya diadakan di Magelang, Jawa Tengah.ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG–Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menghadirkan lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi sebagai rangkaian SheHacks 2023 yang untuk pertama kalinya diadakan di Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan dukungan Indosat kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dalam pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) guna memaksimalkan pemberdayaan sumber daya manusia dalam pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia termasuk di Magelang (Borobudur).

Advertisement

BACA JUGA: Kronologi Pengungkapan Kasus Korban TPPO Warga Sleman Hingga Kembali ke Rumah

Selain destinasi prioritas wisata nasional di Magelang, program CSR Indosat di pilar Pemberdayaan Perempuan ini juga dilakukan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pada dua destinasi super prioritas tersebut, telah dilaksanakan salah satu program SheHacks bernama SheHacks Innovate, yang merupakan workshop offline dua hari bersama Kemenparekraf untuk para pelaku pariwisata di daerah tersebut.

Pelatihan wirausaha pemula ini meliputi pemecahan masalah dan pengembangan inovasi yang berfokus pada pelanggan.

“Peluang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk go digital akan semakin tumbuh dengan proyeksi sekitar 64% hingga tahun 2027. Perempuan, yang mayoritas menjadi pengelola UMKM, perlu dibekali dengan keterampilan pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia," kata SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, melalui rilisnya, Sabtu (30/7/2023)

"Kami ingin memfasilitasi mereka dengan pendampingan dan pelatihan, khususnya di Magelang (Borobudur) untuk mengembangkan solusi inovatif dari tantangan yang mereka hadapi di industri pariwisata. Kami ingin terus memberdayakan perempuan Indonesia untuk peran penting mereka dalam keluarga, lingkungan sekitar, dan juga kemajuan sebuah bangsa," tambahnya.

Secara terpisah, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam sambutannya saat menutup rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 lalu, menekankan tiga hal yang perlu menjadi fokus di bidang pariwisata yaitu meningkatkan infrastruktur terutama konektivitas, memperkuat branding yang inovatif, dan mengembangkan digital tourism untuk meningkatkan pelayanan.

Sejalan dengan hal tersebut, Indosat bersama dengan Kemenparekraf menyelenggarakan SheHacks Innovate untuk mempersiapkan masyarakat sekitar memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan.

"Pada bidang kewirausahaan, Perempuan memiliki peranan dan potensi yang luar biasa di dalam perekonomian. Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia. Ini menjadi bukti bahwa perempuan di Indonesia khususnya Womenpreneur memiliki peran yang strategis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti.

Walaupun kondisi saat ini, sambungnya, masih ada pandangan stereotip yang kuat terhadap peran dan kemampuan perempuan dalam dunia kerja, khususnya di bidang Teknologi. Terdapat studi dalam industri Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM) hanya 2 dari 10 perempuan memilih berkarir secara profesional di bidang STEM.

"Kami mengapresiasi program SheHacks 2023 yang telah mendukung perkembangan talenta digital khususnya pada perempuan. Melalui program SheHacks 2023, memberikan peluang kepada para wanita untuk mendapatkan pelatihan, jaringan bisnis, dan pendampingan, guna mengembangkan segala ide dan inovasi yang dimiliki," tambahnya.

"Kegiatan ini juga mengembangkan komunitas yang tersebar khususnya pada lima Destinasi Super Pariwisata. Di mana hal ini sejalan dengan arahan presiden pada perhelatan ASEAN Summit di Labuan Bajo pada Mei lalu, untuk memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan," ungkap Yuna.

SheHacks Innovate di Magelang (Borobudur) diikuti lebih dari 75 pelaku usaha lokal untuk bergabung dan berbagi pengalaman sesuai bisnis mereka masing-masing. Antusiasme yang tinggi terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar melalui website sejumlah lebih dari 9.250 user dengan lebih dari 8.750 pesertanya pada tahap ideation dan 500 di antaranya adalah startup yang tergolong Most Viable Product (MVP).

Nantinya, agenda berupa workshop offline selama 2 hari akan dibagi dalam 3 tahapan yaitu Formation Team, Building Solution, dan Showcase. Workshop tersebut menghadirkan Ratih Rachmatika, Founder SIAB, salah satu pemenang SheHacks 2022 dan Astri Saraswati Iskandar, Co-founder Agradaya.

Program ini diharapkan dapat membantu 15 startup (UKM) yang telah disaring melalui kesempatan belajar tentang Business Model, Market Validation, Prototyping & Pitching. Program ini juga akan memilih 3 bisnis terbaik di setiap lokasinya untuk dipilih bersama oleh publik (People’s Choice) pada akhir program.

Selain SheHacks Innovate, terdapat juga dua program lainnya yakni SheHacks Impacts berupa program enam bulan untuk startup yang telah meluncurkan produk mereka dan berada di tahap MVP. Kemudian program SheHacks Improve yang terdiri dari video pembelajaran untuk startup dalam mempelajari lebih lanjut tentang membangun bisnis, hingga meraih kesempatan terpilih sebagai ide terbaik.

SheHacks 2023 didukung oleh Indosat Digital Ecosystem (IDE), platform terpercaya dari Indosat Business yang akan membantu entrepreneur dan pelaku bisnis. IDE by Indosat Business memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia.

“Telekomunikasi menjadi sektor vital khususnya di titik destinasi wisata, maka kami terus menjaga layanan dan performa jaringan termasuk di Magelang (Borbobudur). Kali ini kami juga ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat lewat program pemberdayaan perempuan, SheHacks. Kegiatan kolaborasi dengan Kemenparekraf ini menjadi wujud komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Steve. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement