Advertisement

Korban Pelecehan di Ajang Miss Universe Indonesia Bakal Dilindungi LPSK

Newswire
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Korban Pelecehan di Ajang Miss Universe Indonesia Bakal Dilindungi LPSK Pelecehan Seksual - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTALembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) siap memberikan perlindungan bagi para korban pelecehan seksual di kontes kecantikan Miss Universe Indonesia.

Wakil Ketua LPSK Maneger Nasution mengatakan pada Kamis (10/8) LPSK telah menerima kedatangan Melisa Anggraini selaku kuasa hukum dari keempat korban.

Advertisement

"Dalam pertemuan tersebut, kuasa hukum berkonsultasi tentang bentuk perlindungan yang dapat diakses oleh para korban [pelecehan di Miss Universe Indonesia]," kata Maneger, Sabtu (12/8/2023).

Maneger mengatakan LPSK mempunyai beberapa program perlindungan yang dapat diakses oleh para korban.

Program tersebut antara lain perlindungan hukum jika mendapat laporan balik dari pihak penyelenggara maupun pihak lainnya dan fasilitasi restitusi dalam penerapan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS)"Bila ada ancaman atau intimidasi dapat juga diberikan perlindungan fisik," ujarnya

Meski demikian Maneger mengatakan sampai saat ini, LPSK belum menerima permohonan secara formil dari para korban.

"Namun LPSK siap memproses dan memberikan perlindungan jika para korban [pelecehan di Miss Universe Indonesia] mengajukan permohonan perlindungan sesuai ketentuan yang berlaku," katanya.

BACA JUGA: Anak-Anak Belum Pulang hingga Pukul 22.00 WIB, Warga Kulonprogo Bisa Kontak Hotline 110

Sebelumnya, kuasa hukum korban dugaan pelecehan seksual pada kontes kecantikan tahunan di Jakarta Utara, Mellisa Anggraini mengungkapkan, kliennya N mengalami pelecehan di salah satu hotel mewah di Jakarta Pusat.

"Di ballroom, bisa kebayangkan ya, ada CCTV hanya dibuat sekat dari banner dan gantungan baju," katanya saat mendatangi Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin (7/8), untuk melaporkan kasus tersebut.

Dia mengatakan, mereka yang dari dalam bisa melihat. "Kita bisa bayangkan bagaimana teman-teman kontestan [yang menjadi korban pelecehan di Miss Universe Indonesia], mereka tertekan dalam situasi seperti itu," katanya.

Melissa menjelaskan, para peserta kontes kecantikan di Miss Universe Indonesia tersebut difoto-foto tanpa busana saat melakukan pengecekan badan (body checking).

Mellisa Anggraini menyebutkan sejumlah korban pelecehan di Miss Universe Indonesia telah bertemu dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada Rabu (9/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Polisi Tangkap 2 Pencuri Sepeda di Kretek Bantul

Bantul
| Kamis, 02 Mei 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement