Advertisement

13 Lomba Khas 17 Agustus, dari Makan Kerupuk hingga Futsal Berdaster

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 17 Agustus 2023 - 04:47 WIB
Abdul Hamied Razak
13 Lomba Khas 17 Agustus, dari Makan Kerupuk hingga Futsal Berdaster Ide lomba agustusan makan kerupuk. - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap 17 Agustus, identik dengan perlombaan. Tak kecuali pada tahun 2023.

Anak-anak hingga orang dewasa, bersemangat mengikuti berbagai perlombaan. Baik di wilayah permukiman, perkantoran hingga pelosok desa mengikuti lomba-lomba 17an.

Advertisement

Ada banyak perlombaan yang menjadi ciri khas peringatan 17 Agustus setiap tahunnya. 

Menyongsong 78 tahun kemerdekaan, berikut daftar lomba seru yang dapat dijadikan referensi.

1. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk biasanya selalu ada setiap perayaan 17 Agustus. Lomba ini mengharuskan peserta makan kerupuk yang tergantung pada tali dengan posisi tangan dilipat kebelakang.

2. Balap Kelereng

Pada lomba ini, peserta akan mengigit senduk yang sudah diberi kelereng sehingga peserta diharuskan menjaga keseimbangan sehingga kelereng tidak jatuh hingga garis finish.

3. Tarik Tambang

Lomba ini akan lebih seru jika dimainkan oleh orang dewasa. Lomba ini membutuhkan kerja sama dan kekimp karena peserta akan dibagi dalam dua kelompok dan berhadapan menarik tali. Bagi kelompok yang dapat menarik kelompok lawan hingga melewati garis tengah, maka dinyatakan sebagai pemenang.

4. Balap Karung

Seperti lomba lari pada umumnya peserta akan berkompetisi untuk sampai ke garis finish, namun dalam lomba balap karung peserta mendapatkan tantangan berlari dengan kaki dimasukan dalam karung.

5. Panjat Pinang

Lomba yang satu ini cocok diadakan bagi kaum lelaki. Perlombaan ini mewajibkan peserta untuk memanjat pohon atau bambu yang diatasnya sudah digantungkan hadiah. Biasanya pohon atau bambu akan diolesi oli, sehingga peserta tidak mudah mencapai puncang. Bagi mereka yang berhasil mengambil hadiah, dapat membawa pulang hadiah tersebut.

6. Memasukkan Pensil ke Dalam Botol

Lomba yang satu ini hanya perlu menyediakan pensil dan botol kosong. Para peserta harus berdiri di garis start dengan pensil yang sudah dikaitkan di pinggang menggunakan tali. Peserta bisa berlari ke garis finish, lalu masukkan pensil yang menggantung tersebut ke botol kosong. Peserta yang berhasil memasukkan pensil terlebih dahulu jadi pemenang.

7. Tiup Balon

Siapkan beberapa buah balon, lalu adakan lomba tiup balon untuk para anak. Peserta yang terlebih dahulu selesai meniup balon hingga berukuran besar bisa menjadi pemenangnya.

8. Menangkap Belut

Perlombaan 17 agustusan ini tidak hanya unik, tetapi juga seru karena anak-anak perlu menangkap belut di sebuah ember. Tentu, lomba ini bisa melatih fokus anak. 

9. Estafet Air

Lomba 17 Agustusan berikutnya yang seru adalah estafet air antara dua tim. Kedua tim tersebut harus berbaris secara vertikal dan setiap peserta perlu menempatkan mangkuk plastik di atas kepala. Anak yang berada di paling depan akan menuangkan air ke mangkuk belakang tanpa menoleh sampai air tersebut mencapai anak yang paling belakang. Tim yang menang adalah tim yang berhasil mengumpulkan banyak air di mangkuk bagian paling akhir.

10. Memindahkan Air Menggunakan Spons

Hampir mirip dengan lomba estafet air, memindahkan air menggunakan spons juga bertujuan untuk memindahkan volume air dari sebuah wadah ke wadah yang lainnya. Namun, lomba ini diperuntukkan untuk individu saja.

11. Futsal Berdaster

Cara main pada lomba ini sama seperti bermain futsal pada umumnya, namun yang membedakan adalah kostumnya. Peserta diharuskan menggunakan daster sebagai tantangan.

12. Lomba cerdas cermat

Lomba satu ini dapat dipraktekkan di sekolah maupun lingkungan sekitar. Tentunya lomba ini dapat diikuti oleh kalangan manapun , namun soal yang diberikan harus disesuaikan dengan tema kemerdekaan atau soal-soal yang berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan.

13. Lomba menebak gambar pahlawan.

Lomba yang satu ini bisa dipraktekkan di sekolah-sekolah , lomba ini dapat menjadi edukasi dan pembelajaran kepada anak-anak untuk mengingat dan menghormati pahlawan-pahlawan Nasional .

Nah, itulah daftar lomba yang dapat dijadikan referensi untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan RI ke 78.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jumlah Pendaftar PPS di Gunungkidul Tidak Mencapai Target, KPU Memperpanjang Pendaftaran

Gunungkidul
| Kamis, 09 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement