Advertisement

Identifikasi Jenazah Yevgeny Prigozhin, Rusia Lakukan Tes DNA

Erta Darwati
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 12:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Identifikasi Jenazah Yevgeny Prigozhin, Rusia Lakukan Tes DNA Seorang wanita menyalakan lilin di depan potret pimpinan tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin pada peringatan darurat di Moskow, Rusia 24 Agustus 2023. REUTERS - Stringer

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Spesialis forensik di Rusia melakukan pemeriksaan dengan tes DNA. Langkah ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenazah pemimpin pasukan bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin.

Selain Prigozhin, Komite Investigasi Rusia menyebut terdapat 9 korban lainnya yang juga diidentifikasi dengan cara yang sama setelah dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat di Wilayah Tver. 

Advertisement

“10 jenazah korban ditemukan selama tindakan investigasi awal di lokasi jatuhnya pesawat. Tes genetik molekuler sedang dilakukan untuk mengidentifikasi mereka,” katanya, seperti dilansir dari TASS, pada Sabtu (26/8/2023). 

BACA JUGA: Presiden Putin Angkat Bicara atas Tewasnya Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

Berdasarkan informasi, 10 orang yang berada di dalam pesawat tersebut semuanya dinyatakan tewas dalam kecelakaan itu. 

Pesawat jet Embraer yang membawa Prigozhin dalam perjalanan dari Moskow ke St Petersburg jatuh di Wilayah Tver pada Rabu (23/8/2023) malam. 

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan bahwa keluarga dari Yevgeny Prigozhin sendiri telah yakin bahwa pendiri grup Wagner itu tewas dalam kecelakaan pesawat jet. 

Lukashenko menyatakan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan keluarga Prigozhin untuk menginformasikan seputar kematiannya. 

"Kami tetap berhubungan dengan keluarga Prigozhin. Mereka yakin dan mereka memberi tahu kami kemarin bahwa tidak ada keraguan bahwa Prigozhin meninggal," ujarnya. 

Departemen Investigasi Utama Komite Investigasi Federasi Rusia memulai penyelidikan kriminal atas pelanggaran berdasarkan Pasal 263 KUHP Rusia, menyelidiki potensi pelanggaran peraturan keselamatan dan operasi transportasi udara.

Kini, kasus pidana atas tuduhan pelanggaran aturan keselamatan transportasi udara yang menyebabkan jatuhnya jet tersebut telah dimulai.

Apa itu tes DNA?

Dikutip dari JIBI, Tes DNA lazim diketahui masyarakat sebagai tes pada sampel kromosom gen untuk mencari tahu hubungan kekerabatan seseorang.

Karena DNA (deoxyribonucleaic acid) secara umum berfungsi untuk menyimpan informasi dan menentukan karakteristik biologis pada makhluk hidup, sekaligus membawa informasi genetika.

Dalam ilmu forensik, DNA di dalam darah, kulit, atau rambut bahkan dapat diteliti untuk mengidentifikasi korban tindak kriminal yang tidak memiliki identitas hingga meneliti tersangka melalui metode DNA Profiling.

Namun banyak orang belum mengetahui bahwa seiring dengan perkembangan dunia medis khususnya penelitian terhadap DNA, tes DNA kini dapat menelusuri jejak profil kesehatan seseorang, resiko kesehatan, serta perbaikan gaya hidup yang diperlukan untuk mendukung kesembuhan hingga menjaga kesehatan tubuh manusia dari penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Senin 20 Mei 2024

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement