Advertisement

Warga NU Tersebar di Sejumlah Partai, Terbanyak Partai Ini

Newswire
Senin, 28 Agustus 2023 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Warga NU Tersebar di Sejumlah Partai, Terbanyak Partai Ini Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sulaeman Tanjung.-ANTARA - HO/Humas PBNU

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Nahdlatul Ulama (NU) merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam terbesar di Indonesia. Potensi tersebut menjadi rebutan banyak partai untuk meraup suara dalam pemilu, termasuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang identik dengan NU.

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sulaeman Tanjung memastikan ormas terbesar di Indonesia ini tetap menjaga jarak dengan partai politik.

Advertisement

 “Arahan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf sangat jelas, tidak pernah mempermasalahkan PKB, cuma ingin menjaga jarak,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (27/8/2023)

BACA JUGA: PPP Dorong Duet Ganjar-Sandiaga Uno Harus Terwujud

Dia menjelaskan hasil Survei Kompas menyebutkan bahwa suara warga NU terbagi merata di semua partai politik. Bahkan warga NU terbanyak ternyata mencoblos PDI Perjuangan, kemudian Gerindra di urutan kedua dan Partai Golkar. Baru mencoblos PKB di urutan keempat.

“Jadi NU itu tidak hanya milik PKB. Buktinya yang paling banyak dipilih warga NU adalah PDI Perjuangan, bukan PKB. Jadi PBNU akan tetap menjaga jarak dengan semua partai politik, tidak ada perlakuan istimewa,” katanya.

Sulaeman membantah pernyataan pengamat politik Fahry Ali yang disampaikan di sebuah stasiun televisi yang menyebut bahwa pernyataan apa pun dari Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf tidak berpengaruh pada PKB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sama-sama Maju di Pilkada 2024, Komunikasi Kustini Dengan Danang Disebut Masih Tejalin Baik

Sleman
| Jum'at, 17 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement