Advertisement

Kota Magelang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian LHK

Nina Atmasari
Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:17 WIB
Sunartono
Kota Magelang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian LHK Kota Magelang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian LHK. - Istimewa.

Advertisement

KOTA MAGELANG—Kota Magelang kembali menuai prestasi di bidang lingkungan hidup di penghujung Agustus 2023. Kali ini Kota Magelang menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022 Kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Piagam penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz di Gedung Manggala Wanabakti kantor KLHK, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Advertisement

Dokter Aziz menjelaskan, Nirwasita Tantra 2022 adalah penghargaan yang diberikan atas pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik di Kota Magelang.

BACA JUGA : Kota Toleran, Wujud Kota Magelang Sebagai Rumah Besar Bersama

"Harapan kami penghargaan ini dapat memotivasi warga maupun pemkot agar selalu bersama menjaga. Kedepan kita harus lebih baik lagi, kita bersama menjaga kolaborasi untuk menjaga lingkungan hidup di Kota Magelang," jelas Dokter Aziz.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, M. Yunus menambahkan, Pemerintah Kota Magelang sudah mendapatkan 3 kali penghargaan tersebut. Prestasi ini merupakan komitmen pimpinan beserta jajarannya baik Eksekutif maupun Legislatif dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Menurutnya, poin yang perlu ditingkatkan di Kota Magelang adalah lahirnya inovasi-inovasi utamanya yang terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup.

"Harapan ke depan, adanya peningkatan peran masyarakat dan stakeholder terkait untuk turut serta dan berinovasi khususnya dalam pengelolaan Lingkungan Hidup. Peningkatan persentase anggaran di bidang pengelolaan lingkungan hidup atau komitmen dalam penganggaran," terangnya.

Sekretaris Jenderal KLHK RI, Bambang Hendroyono memaparkan, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah maupun pimpinan DPRD atas kepemimpinannya yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Kata Bambang, salah satu faktor kunci untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah tersedianya data dan informasi lingkungan bagi seluruh pihak.

BACA JUGA : Hari Jadi 1117 Kota Magelang: Terhubung, Tersambung untuk Maju Sehat & Bahagia

Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 didasarkan pada penilaian Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun pada tahun 2022.

"Oleh karena itu penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) menjadi bagian dari pijakan untuk pelaksanaan dan pengembangan pengelolaan lingkungan hidup," paparnya.

DIKPLHD sebagai acuan media data dan informasi untuk memotret kondisi lingkungan (state), permasalahan utama (pressure) yang dapat dimanfaatkan untuk menentukan kebijakan dan atau program prioritas (response) Daerah dalam mengelola lingkungan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mau Keliling Jogja, Berikut Rute dan Jalur Bus Trans Jogja

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement