Advertisement

Komunitas Pengusaha Targetkan Kontribusi 3,95 Persen Wirausaha Nasional

Sunartono
Rabu, 30 Agustus 2023 - 23:27 WIB
Sunartono
Komunitas Pengusaha Targetkan Kontribusi 3,95 Persen Wirausaha Nasional Pengurus Komunitas Bisnis TDA saat mengikuti Mukernas di Jogja Rabu (30/8/20230. Komunitas ini menargetkan kontribusi 3,95 persen di kewirausahaan nasional. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komunitas pengusaha Tangan di Atas atau dikenal dengan TDA menggelar Mukernas di Kota Jogja pada Rabu (30/8/2023) hingga Jumat (1/8/2023). Komunitas pelaku usaha terbesar di Indonesia ini memiliki komitmen untuk berkontribusi sebanyak 3,98 persen dari total kewirausahaan nasional.

Presiden Komunitas TDA 8.0 Eko Desriyanto mengklaim telah memiliki sebanyak 38.000 anggota yang tersebar di 109 daerah di Indonesia. Dari jumlah anggota pelaku usaha itu, total sudah ada 3 juta karyawan yang terlibat dengan omzet yang beragam. Ia terus memberikan pendampingan para pelaku usaha yang masih di level foundation agar mampu mencapai omzet Rp20 miliar per tahun atau memperoleh investor, merger dan akuisisi.

Advertisement

BACA JUGA : Buka Gelaran Festival UMKM 2023, Pj Wali Kota Jogja Dorong UMKM Naik Kelas

Selain itu komunitasnya memiliki komitmen untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “Kami berperan aktif dalam upaya mendukung pemerintah, sehingga target kami bisa berkontribusi sekitar 3,95 persen kewirausahaan nasional. Kami berupaya memberdayakn pelaku usaha muda dalam menjalankan bisnisnya dengan baik,” katanya.

Ia menambahkan komunitasnya akan menggerahkan pengusaha di 109 daerah untuk berpartisipasi to the next level dalam upaya meningkatkan derajat usaha. Program ini memberikan pelatihan, akses sumber daya, bimbingan untuk pengusaha lokal untuk dapat berkembang.

Selain itu berencana mendirikan Universitas Bisnis yang mahasiswanya akan merekrut dari para karyawan member TDA. Kampus ini akan terpusat di Jakarta dengan sistem perkuliahan hybrid. Menurutnya kampus ini akan menjadi universitas bisnis terapan pertama di Indonesia.

BACA JUGA : Pelaku Ekraf Desa Wisata Bugisan Ikuti Kegiatan Digital Transformation

“Sehingga mahasiswanya dari karyawan dia tetap bisa bekerja, nanti manfaatnya bisa turut mengembangkan bisnis dari anggota, karena secara SDM sudah meningkat,” katanya. Mukernas itu dihadiri sekitar 400 orang anggota dari 109 kabupaten dan kota di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Bantul
| Minggu, 05 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement